Kamis, 13 April 2017

Penyebab, Gejala Dan Cara Menyembuhkan Herpes Simpleks Dan Pencegahannya

Baca lagi:
Herpes Simpleks memiliki istilah lainnya yakni herpes genital. Ini merupakan jenis herpes yang menyerang bagian genital dan bisa menyerang pria maupun wanita. Herpes genital ini merupakan infeksi pada alat kelamin dan dimasukkan dalam kategori IMS (Infeksi Menular Seksual. Selain menjangkiti area genital, ia juga menyerang mulut, serta kulit tentunya. Ia termasuk kedalam penyakit yang belum bisa disembuhkan dan pengobatan lebih bersifat untuk mengurangi frekuensi gejala dan mengontrol intensitas kambuhnya.

Penyebab, Gejala Dan Cara Menyembuhkan Herpes Simpleks Dan Pencegahannya

Dalam artikel ini dibahas dulu apa saja sebab utama penyakit herves?

Penyebab, Gejala Dan Cara Menyembuhkan Herpes Simpleks Dan Pencegahannya

Penyebab Herpes Simpleks

Penyebab dari Herpes Simpleks sendiri adalah virus HSV. Virus ini sangat berbahaya karena ia bisa masuk melalui sel-sel saraf. Melalui membran mukosa, maka virus ini akan semakin berkembang didalam tubuh manusia. Beberapa membran mukosa yang menjadi jalan bagi virus ini untuk masuk dan berkembang serta menularkan seperti telinga, mulut, saluran urin, anus, dinding vagina, sampai pada kelopak mata bagian dalam. Pada bagian-bagian tersebutlah virus tersebut mudah menyerang.

Penyebab utama Herpes Simpleks adalah virus. Sifat virus sendiri tentunya menular. Maka, penyakit ini memang bisa dikategorikan berbahaya dan harus diwaspadai. Untuk menambah kewaspadaan,

 Gejala Herpes Simpleks

berikut beberapa gejala dari herpes berdasarkan tahapannya:

  • Tahap primer
    Pada tahap ini, biasanya terjadi predileksi dibagian atas tubuh terutama mulut dan hidung. Dan ini biasanya terjadi pada kasus herpes simplex tipe 1 yang lebih mudah menyerang anak-anak. Kulit pada bagian mulut dan hidung mengalami ruam kemerahan serta seperti gelembung-gelembung yang berisi cairan. Jika dibiarkan maka luka tersebut bisa pecah dan beresiko menjadi luka terbuka dan memperluas infeksi pada kulit.
    Untuk gejala primer pada Herpes Simpleks tipe 2 biasanya anggota tubuh yang terjangkiti adalah bagian bawah mulai dari pinggang sampai pada daerah genital. Gejala pada tahap primer bisa berlangsung hingga 3 minggu. Ini adalah gejala yang cukup berat sehingga penderitanya bisa sampai mengalami demam, bahkan anoreksia dan malaise.
  • Tahap rekuren
    Pada tahap infeks rekuren ini, sifat virus berkembang menjadi lebih aktif dari sebelumnya. Namun bila dibandingkan dengan infeksi pada tahap primer, gejala yang timbul pada tahap ini relatif lebih singkat dan lebih ringan. Hal yang menyebabkan virus semakin kuat adalah hubungan seksual, maliase serta demam. Biasanya pada tahap ini penderita akan merasakan beberapa gejala tambahan selain yang ada pada tahap primer seperti nyeri, panas, dan gatal.
  • Tahap Inokulasi
    Ini merupakan gejala Herpes Simpleks yang biasanya terjadi diusia muda seseorang. Inokulasi ini merupakan infeksi primer pada seseorang yang terjadi untuk pertama kalinya. Reaksi yang diakibatkan oleh infeksi ini terbilang berat yakni munculnya demam tinggi yang bisa mencapai hingga 40 derajat celcius. Demam tersebut bahkan bisa terjadi hanya dalam waktu 24 jam saja. Kemudian, demam biasanya diikuti dengan adanya pembesaran kelenjar limfe submentalis. Setelah itu, diikuti juga dengan pembengkakan pada bibir serta lekosistosis.
Selain gejala seperti yang telah disebutkan, pada tahap ini penderita juga mengalami rasa sakit pada tenggorokannya. Gejala yang muncul ini memang terbilang berat terlebih ia terjadi pada usia muda yakni pada rentang usia 1-5 tahun. Waktu yang dibutuhkan untuk masa inkubasi virusnya sekitar 3-10 hari sedangkan dalam waktu 2-6 minggu gejala biasanya akan sembuh dengan spontan. Saat anak mengalami gejala seperti deman ini mungkin orangtua merasa itu adalah demam biasa. Namun perlu diperhatikan bila dalam sehari demamnya sudah mencapai 40 derajat maka sudah seharusnya segera dibawa ke dokter. Untuk mengetahui apakah demam itu merupakan gejala dari Herpes Simpleks atau bukan.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa herpes tidak bisa disembuhkan secara permanen. Penggunaan obat-obatan biasanya lebih bersifat pengontrolan terhadap virus supaya tidak liar dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada tubuh. Dengan penggunaan obat, diharapkan frekuensi kambuhnya juga bisa ditekan. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan seperti asiklovir, famsiklovir, serta valasiklovir. Asiklovir biasanya diminum oleh penderita 2-5 kali sehari. Valasiklovir biasanya diminumkan 2-3 kali sehari.

Selain pengobatan dalam bentuk pemberian obat anti-virus, dokter juga biasanya menyarankan penderita Herpes Simpleks untuk melakukan terapi khusus yang disebut terapi antiherpes. Dengan melakukan terapi seperti ini maka diharapkan kondisi pasien bisa lebih baik karena intesitas kambuhnya penyakit bisa ditekan. Selain itu, gejala yang muncul juga bisa diminimalisir. Terapi bahkan sangat baik untuk dilakukan oleh penderita yang mengalami kambuhan gejala setiap hari.

Cara Menyembuhkan Herpes Simpleks Secara Alami

Untuk Penderita penyakit Herpes Atau yang disebut Cacar paling terpenting adalah menjaga gelembung cairan tidak pecah agar tidak meninggalkan bekas dan menjadi jalan masuk bagi kuman lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pemberian bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa dingin dianjurkan untuk tidak mandi, karena bisa menimbulkan shock.
  1. De Nature
    Pada kondisi serius saat daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit Herpes Atau Cacar sebaiknya mendapatkan pengobatan dengan obat herbal khusus penyakit herves. Seperti Obat Herpes Produk De Nature. Obat herbal herpes simpleks ini bisa anda dapatkan di took-toko online
  2. Jinten Hitam
    herpes simpleks menggunakan jinten hitam atau habbatusauda sangat mudah . cukup sediakan satu sendok teh jinten hitam, temu putih, umbi bidara upas, brotowali, dan daun sambiloto. Rebus semua bahan tersebut dengan 1 liter air hingga tersisa 2 gelas saja dan minumlah secara teratur.
  3. Binahong
    Obat herpes simpleks tradisional selanjutnya daun binahong. Daun ini memang sering di manfaatkan untuk cara mengatasi semua jenis penyakit salah satunya penyakit herpes. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki kandungan antibiotik alami yang saat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka-luka ringan. Caranya mudah, tumbuk haluskan daun binahong setelah itu oleskan pada kulit anda yang terkena herpes.
  4. Daun Dewa Merah
    Terakhir bahan alami untuk herpes simpleks adalah daun dewa, untuk jenis daun dewa yang sangat efektif menangani penyakit herpes adalah daun dewa merah. Daun dewa merah juga memiliki khasiat sebagai obat alami penyakit herpes karena memiliki kandungan akribiotik alami. Caranya pun sama seperti yang dia atas yaitu cukup menumbuk halus, lalu oleskan pada kulit yang terkena herpes. Baca lagi artikel obat gatal sebelumnya: Cara Menghilangkan Biang Keringat dengan Cepat dan Efektif.

Pencegahan Penularan Herpes Simpleks

Banyak yang berkata bahwa penggunaan kondom bisa menjadi cara yang tepat untuk mencegah penularan virus herpes ini. Namun sebenarnya hal ini tidaklah 100% benar karena pada kenyataannya infeksi herpes masih bisa menular pada derah yang lebih luas dari sekedar bagian genital saja. Berikut beberapa cara untuk mencegah penularan virus HSV;

Sebaiknya hindari kegiatan hubungan seksual selama masih ada vesikel diarea genital. Jika dipaksakan untuk melakukan hubungan seksual saat kondisi area genital masih memiliki vesikel maka virus akan mudah menyerang pasangan. Jika vesikel sudah menghilang bukan berarti ini juga aman untuk melakukan hubungan seksual. Pastikan untuk memakai kondom meskipun tidak 100% melindungi namun setidaknya meminimalisir resiko terjadinya penularan virus Herpes Simpleks.

Tidak bertukar pakaian dengan orang lain adalah jenis pencegahan lainnya. Sebaiknya gunakanlah peralatan dan pakaian pribadi dan tidak menggunakan bergantian dengan orang lain. Jadi jangan meminjamkan pakaian pribadi seperti handuk, celana, dan lainnya pada orang lain. Begitupun sebaliknya, jangan meminjam pakaian orang lain karena akan terjadi penularan virus. Pastikan untuk memberitahukan keluarga atau teman untuk tidak bertukar barang milik pribadi supaya mereka memahami situasi yang sebenarnya dan mendukung tindakan pencegahan ini.

Untuk mencegah episode kambuhnya Herpes Simpleks ini sebaiknya hindarilah hal-hal yang bisa memicunya seperti stres, kurang tidur, kurang istirahat, dan kurang mengonsumsi makanan yang bernutrisi. Hal-hal atau pemicu tersebut bisa membuat imunitas tubuh menurun sehingga virus bisa bereaksi lebih leluasa untuk menginfeksi. Maka selalu menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu kunci yang bisa meminimalisir terjadinya kekambuhan pada penderita herpes.

Disiplin dalam melakukan pengobatan dan terapi juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Pengobatan bisa meringankan gejala atau infeksi yang timbul sehingga virus bisa lebuh terkontrol. Jika infeksi dibiarkan tanpa diobati maka aktifitas virus akan semakin kuat dan infeksi akan semakin meluas dan lebih gampang untuk menular kepada orang lain.

Herpes merupakan penyakit yang cukup berat dan bahkan tidak ada obat yang bisa permanen mematikan virusnya. Maka sebaiknya selalu terapkan gaya hidup yang sehat dan bersih dan hindarilah ritual bertukar pakaian atau peralatan pribadi dengan orang lain karena kita tidak pernah tahu apakah seseorang membawa virus Herpes Simpleks ini atau tidak.sekian dulu dari kami www.obatgatal2.com , semoga manfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: