Kamis, 13 Oktober 2016

Apa Tanda-Tanda Kista Pecah dan Membesar Pada Wanita dan Perempuan

Baca lagi:
Tanda-tanda kista – Miom adalah kondisi dimana kista membesar dan kerap dikaitkan dengan masalah kesuburan atau kandungan. Nyatanya, istilah kista digunakan oleh para pakar sehatan seperti misalnya dokter untuk mengatakan adanya tumor yang tumbuh pada tubuh terutama di bagian organ kandungan. Bahkan, masih disebut ista jika ada tumor yang tumbuh di luar area tersebut. Disebut kista ketika tubuh memiliki masalah dengan munculnya pembentukan seperti kapsul, tetapi berjumlah lebih dari satu dan berisi cairan. Artinya, kista bisa diumpamakan seperti balon yang terdapat cairan didalamnya. Jadi, kista tidak hanya tumbuh di dinding rahim, tetapi ada pula kasus yang menujukkan pertumbuhan kista di bagian dinding vagina dan bibirkemaluan karena munculnya kelenjar bartolini. Ketika adanya benjolan sel kelenjar, maka itu sudah bisa disebut sebagai kista.

Apa Tanda-Tanda Kista Pecah dan Membesar Pada Wanita

Untuk wanita yang menderita kista ovarium, memang agak sulit untuk dipahami terutama dalam beberapa kasus yang langka. Tentu tidak mudah membedakan tanda-tanda kista yang pecah karena hal ini sudah tidak normal terutama pada kista ovarium. Ketika kista ovarium pecah, maka ada resiko komplikasi dan biasanya gejala yang dihasilkan antara satu wanita dengan wanita lainnya tidak sama. Dengan mengetahui berbagai tanda kista, maka aka sangat berguna karena anda dapat mengetahui gejalanya sejak dini, mengambil langkah pengobatan yang tepat dan mencegah komplikasi akibat terlalu lama dibiarkan.
Apa Tanda-Tanda Kista Pecah dan Membesar Pada Wanita dan Perempuan

Tips untuk mengetahui gejala kista kesehatan

Mengetahui gejala kista juga sangat membantu diri agar tetap waspada dan melakukan pemeriksaan rutin terutama jika anda sudah divonis memiliki masalah dengan kista ovarium. Apalagi, ada sekitar 75% wanita yang memiliki kista ovarium dan beberapa diantaranya tidak memberikan gejala eksternal sama sekali.

Mengenali Tanda-Tanda Miom Atau Kista Membesar

Sebagai wanita, tentu tidak ada yang mau mengalami masalah seperti ini. Untuk itu, sangat penting mempelajari tanda-tanda kista di ovarium yang pecah atau yang membesaryang bisa terjadi pada semua kalangan wanita. Penyakit kista jenis berikut sering disebut sebagai miom dan ada beberapa ciri-ciri yang signifikan, seperti berikut:

1. Nyeri di panggul dan anda merasa mual
Bagi para penderita kista, mereka bisa mengetahui dengan mudah adanya masalah kista terutama ketika sedang mens atau haid. Masa-masa ini menjadi masa yang paling menyiksa untuk mereka. Saat masa tersebut, seringkali disertai dengan rasa nyeri yang hebat di daerah panggul baik saat mens, sebelum mens atau sesudah mens. Tentu bisa dibedakan rasa yang hebat tersebut dengan rasa kram biasa yang umum dialami beberapa wanita saat sedang mens. 

Penderita kista juga sering mengalami masa mens yang tidak teratur dan sulit diprediksi. Saat seorang wanita di luar usia remaja sering mendapati mens yang tidak teratur siklusnya yang kerap disebabkan oleh keputihan misalnya, maka dianjurkan untuk segera periksa ke dokter. Apalagi, jik ada rasa nyeri di daerah panggul ketika sedang menstruasi yang dikhawatirkan bisa menjadi tanda atau gejala adanya kista ovarium.
Selain mens yang tidak teratur, masalah lainnya yang bisa menjadi tanda-tanda kista adalah pendarahan yang berat.

2. Ketika bergerak, area di perut terasa sakit
Ketika tubuh merasa sakit di bagian tertentu, itu pertanda bahwa bagian tersebut sedang mengalami masalah. Seringkali kita memang tidak menyadari atau malah mengabaikannya begitu saja, sebab nanti bisa mereda sendiri. Padahal, untu penderita kista akan merasa sering kesakitan di bagian perut apalagi ketika mereka sering menggerakkan bagian tersebut. Bisa dibilang bahwa ini adalah pertanda atau gejala umum adanya kista. Tanda-tanda kista yang membesar juga muncul rasa sakit terutama ketika kista yang membesar tersebut sedang tegang atau sobek. Untuk itu, ketika sering mengalami rasa sakit yang hebat di bagian perut, hendaklah memeriksakannya.

3. Terlalu sering buang air kecil
Akibat kista yang membesar, tentu beberapa bagian tubuh jadi tertekan. Kondisi ini juga memungkinkan bagian kandung kemih terkena tekanan yang cukup signifikan. Sehingga, fungsi kandung kemih dalam menampung air seni menjadi kurang optimal. Ketika kista ovarium pecah, maka akan menghentikan kemampuan kandung kemih untuk kosong sehingga para penderita kista akan kerap buang air untuk mengeluarkan air seni. 

Jika ini tanda kista pecah maka dalam artikel kesehatan ini bahas cacar monyet lihat ulasannya Ciri-Ciri Cacar Api, Monyet Dan Air Dan Penyebabnya pada Anak dan pada Orang Dewasa

4. Rasa nyeri ketika berhubungan seksual
Ketika seorang wanita merasa nyeri selama hubungan seksual, sudah pasti ada masalah yang terjadi. Apalagi, ketika rasa nyeri tersebut terasa di bagian panggul. Kista yang mulai membesar sebenarnya dapat dikenali. Penderita akan merasa mual dan terasa nyeri di panggul saat berhubungan seksual.

5. Munculnya pendarahan
Pendarahan yang terjadi di luar menstruasi adalah pertanda adanya kista. Pendarahan yang muncul secara tidak jelas sangat disarankan untuk segera diperiksakan ke dokter. Hal ini perlu dilakukan supaya anda dapat mengetahui secara pasti penyebab pendarahan yang muncul. Pendarahan karena kista bisa disebabkan kista memecah dan bisa membuat penderita mengalami kondisi seperti pendarahan yang ringan atau berat.

6. Merasa adanya tekanan di panggul atau perut
Karena kista dapat tumbuh dan terus membesar, sudah pasti di bagian perut atan panggul akan terasa ada tekanan. Penderita akan merasa seperti bagian tersebut benar-benar penuh.

7. Nyeri di bagian ketiak sebelum atau selama masa haid.
Ada beberapa kasus menunjukkan bahwa penderita kista mungkin akan mengalami keluhan nyeri di bagian ketiak baik selama atau sebelum haid. Bahkan, beberapa penderitanya sampai pingsan karena tidak bisa mentolerir rasa sakitnya.

8. Tidak pernah merasa nyaman
Karena tanda-tanda kista pada wanita  yang besar atau miom yang pecah selalu disertai dengan mual, muntah, nyeri, pendarahan, nyeri ketika melakukan hubungan seksual, maka sudah pasti akan berujung pada kesehatan yang menurun. Anda mungkin merasa sudah sulit mendapatkan kenyamanan. Semua gejala tersebut sebaiknya dicatat dan ketika anda merasa bahwa hal tersebut bisa karena gejala kista, maka sebaiknya langsung pergi menemui tenaga medis.

9. Perut mendadak terasa sangat sakit
Penderita kista akan sering merasakan perut yang mendadak terasa sangat sakit. sebab, kadang-kadang kista yang tumbuh di tangkai ovarium mampu memutar tangkai kista rahim atau disebut torsia sehingga darah yang sedang mengalir melalui batang menjadi terhenti dan kista menjadi kehilangan suplai darah.

10. Ada benjolan yang mulai bisa diraba.

11. Mioma uteri terus membesar dan menekan organ-organ terdekat.
Ketika anda mengalami berbagai gejala di atas, pemeriksaan terbaik bisa dilakukan dengan menjalani tes USG. Masalah akan menjadi serius jika kista ovarium mulai memecah. Dengan mengenali tanda-tanda kista pada perempuan yang membesar atau miom yang memecah, maka anda bisa menghindari terjadinya pecahnya kista. Kewaspadaan diri menjadi kunci utama serta jangan pernah ragu untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama ketika anda sering merasa nyeri yang hebat ketika mens yang nyerinya tidak bisa ditahan dan lebih dari kram perut secara umumnya. Lalu bagaimana melihat tanda-tanda kista sudah hilang? kami membahasnya di artikel sebelumnya.

Demikian informasi kami www.obatgatal2.com artikel tentang apa tanda-tanda kista membesar dan pecah pada wanita. Semoga membantu!
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: