Selasa, 11 Oktober 2016

Obat Herbal, Penyebab, Gejala Dan Ciri – Ciri Kista Rahim Serta Bahayanya

Baca lagi:
Kista rahim – Kista pada rahim sangat rentan menyerang para wanita walaupun bentuknya hanay sekedar tumor kecil yang dianggap tidak terlalu bahaya namun dapat menjadi tumor ganas terutama jika tidak segera ditangani oleh bantuan medis. Untuk mendapatkan kepastian bahwa seorang wanita positif mengalami kista rahim adalah dengan periksa USG karena hasilnya benar-benar efektif.

Obat Herbal, Penyebab, Gejala Dan Ciri – Ciri Kista Rahim Serta Bahayanya

Berikut akan kita bahas gejala dan ciri-ciri kista, penyebab, bahaya dan obat herbal untuk penyakit kista.

Gejala Dan Ciri – Ciri Kista Rahim

Berikut beberapa gejala yang muncul karena kista rahim:

1. Menstruasi yang sangat banyak dan terkadang tidak teratur.
2. Selama menstruasi, ada rasa nyeri yang hebat di bagian panggul dan juga seringkali terasa sampai ke bagian punggung bawah.
3. Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, ada beberapa penderita ada yang sampai pingsan karena sakit tidak bisa menahan rasa sakit tersebut.
4. Terasa ada tekanan di panggul atau perut sedikit rendah atau bahkan terasa penuh sebab penuh pembesaran kista atau mioma.
5. Rasa tertekan akan merambah ke kandung kemih, dengan rasa tertekan sedikit ke belakang dan akan menekan bagian rectum sehingga dapat menyebabkan masalah ketika buang air besar dan buang air kecil.
6. Muntah - muntah dan merasa mual yang sering.
7. Terjadi bercak – bercak pada vagina serta perdarahan pada vagina yang sangat hebat. Hal ini dikarenakan oleh luas permukaan endometrium yang lebih tebal dan menyebabkan kontraksi rahim terganggu, sehingga menyebabkan pendarahan yang hebat.
8. Sakit pada panggul selama berhubungan seksual.
9. Kadang – kadang kista yang tumbuh pada tangkai dari ovarium bisa memutar tangkai pada dirinya sendiri ( sering disebut torsia ) . Ini menghentikan darah yang mengalir melalui batang untuk kista rahim dan menyebabkan kista kehilangan suplai darah sehingga mendadak perut sakit parah.
10. Benjolan pada kista bila dalamkeadaan lanju bisa teraba di daerah perut
11. Mioma uteri yang membesar dapat menekan organ – organ sekitarnya. Itulah Gejala  kista rahim dan sekarang kita lihat apa saja faktor sebab-sebab kista rahim.
Obat Herbal, Penyebab, Gejala Dan Ciri – Ciri Kista Rahim Serta Bahayanya

Penyebab Kista Rahim

1. Kegagalan Folikel (Kantong telur) dalam berovulasi
Penyakit kista rahim bisa disebabkan karena kegagalan folikel dalam berovulasi. Menurut hasil penelitian, pada satu siklus reproduksi wanita terdapat satu kantong telur didalam indung telur yang mengalami ovulasi setiap bulan. Folikel yang telah kehilangan sel telur kemudian bisa mengalampi degenerasi secara normal dan bahkan seperti hilang karena diserap tubuh. Namun terkadang saat folikel mengeluarkan indung telur, ada masanya kegagalan terjadi sehingga ketika hal ini kerap muncul dan terus berlangsung dalam jangka waktu lama, kantong telur yang gagal berovulasi dapat tumbuh menjadi kista.

2. Faktor keturunan
Jika nenek atau ibu pengidap penyakit kista, maka bibit kista juga dapat berkembang pada seorang wanita. Bukan hanya itu, jika siklus menstruasi menjadi tidak teratur maka akan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Selanjutnya disebabkan terjadinya peningkatan distribusi lemak pada bagian atas tubuh.

3. Makanan dengan lemak berlebih atau lemak tidak sehat
Makanan yang mengandung lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat, akan membuat zat lemak pada tubuh sulit dipecah terutama saat memasuki proses metabolisme dan membuat hormone testosterone diproduksi secara berlebih dan terus meningkat. Makanan yang bersifat karsinogenik juga dapat memicu tumbuhnya kista sebab sel tubuh menjadi tercemar karena residu makanan itu sendiri.

4. Menstruasi di usia muda
Penyebab kista rahim selanjutnya adalah terjadinya menstruasi di usia muda, yaitu kurang dari 11 tahun. Jika seseorang menstruasi di bawah usia tersebut, maka resiko terkena rista menjadi lebih tinggi.

5. Infertilitas
Disebut infertilitas adalah kondisi adanya kegagalan terutama pada suami istri untuk segera hamil setelah melakukan hubungan suami istri di atas satu tahun padahal intensitas berhubungan mencapai 2 sampai 3 kali seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi.

6. Penggunaan alat kontrasepsi oral
Penyebab lainnya adalah penggunaan alat kontrasepsi oral yang digunakan untuk menunda kehamilan seperti dengan menggunakan pil KB yang dapat bekerja untuk mencegah adanya produksi indung telur, terutama pada masa ovulasi. KB jenis ini adalah jenis hormone dan untuk penggunanya yang tidak cocok, bisa mengalami gangguan hormon. Memang, kebanyakan kista bersifat jinak tetapi tidak menutup kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker.

Jenis/macam macam kista  dan Bahaya Kista

1. Torsi Ovarium
Torsi ovarium merupakan pertanda yang membutuhkan tindakan intensif. Hal ini terjadi karena adanya perputaran atau pergeseran sebab ukuran kista menjadi berkembang dan terus membesar sehingga kemudian menggeser posisi ovarium. Kondisi yang dmeikian dapat membuat aliran daarah kea rah ovarium bisa terhenti sehingga berakibat adanya kerusakan pada ovarium. Bahkan, ovarium bisa mati dan kehilangan fungsinya. Kondisi seperti ini sama halnya pada gejala endometriosis yang dapat merusak rahim.


2. Kista Pecah
Bahaya kista rahim adalah cairan berisi seperti darah atau cairan lainnya yang tidak segera mendapatkan perawatannya sehingga lambat laun menjadi pecah. Akibatnya maka pecahan kista dapat menyabar ke berbagai organ terutama di sekitar perut dan sistem reproduksi. Kondisi kista pecah ditandai dengan flek bercak darah, dalam beberapa kasus bisa berupa pendarahan di bagian dalam dan disertai rasa sakit yang hebat. Dalam kondisi ini, tindakan medis harus segera diberikan guna mengatasi resiko terkena infeksi dan masalah lainnya yang mengancam jiwa.


3. Komplikasi Kehamilan
Tidak sedikit wanita yang terlambat menyadari adanya kista pada ovarium mereka sehingga sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan saat sedang hamil yaitu dengan memanfaatkan USG supaya bisa mengetahui ada atau tidaknya kista. Kista sering muncul tanpa gejala sehingga ukurannya yang semula kecil tidak memberikan gangguan apapun saat anda hamil, dan beberapa mungkin hilang sendiri. Tetapi, jika sifat kista itu sendiri menjadi berkembang dan membesar, maka dapat menimbulkan rasa sakit pada perut sangat hebat dan mengganggu masa kehamilan. Operasi untuk mengeluarkan kista selama kehamilan tetap dapat terjadi dan biasanya tidak membahayakan kehamilan. Jika kista dibiarkan tanpa penanganan dan tetap dalam posisinya, hal ini justru malah membahayakan. Selain mengganggu masa kehamilan, bahkan bisa membuat penderitanya keguguran.


4. Kanker Ovarium
Meskipun bahaya kista memang tidak disebutkan sebagai pemicu munculnya kanker ovarium, tetapi tidak sedikit kasus yang terjadi saat para wanita yang membiarkan kista ovarium berkembang tanpa penanganan dan akhirnya jaringan berubah menjadi kanker. Jenis kista rahim yang biasanya banyak terjadi pada wanita muda tetap memiliki resiko menjadi kanker. Jika kista merupakan bagian dalam ini ada penjelasan obat penyakit luar yaitu eksim, baca di 8 Obat Eksim Kering Menahun Tradisional adan Alami Yang Ampuh dan Manjur Tanpa Harus Ke Apotik

Obat Herbal Untuk Kista Rahim

Berikut inilah herbal obat kista rahim alami yang bisa anda gunaka dan coba, yakin dan rutin Insaallah akan sehat.

1. Kunyit Putih
Campurkan temu putih, kunyit putih, pegagan, tapak liman.
Semua bahan harus dalam kondisi yang sudah dikeringkan dan masing-masing bahan harus 10 gram beratnya.
Campurkan keempat bahan dengan cakar ayam. Sebaiknya cakar ayam harus yang masih segar dengan berat 30 gram. Rebus semua bahan dengan 1 liter air.
Air rebusan ini harus diminum sehari tiga kali supaya perkembangan kista rahim pada organ reproduksi Anda bisa diperlambat.

2. Teripang
Teripang juga seringkali disebut sebagai timun laut yang merupakan hewan laut yang dapat mengatasi kista yang Anda derita. Teripang seringkali digunakan sebagai obat sudah di kemas dalam bentuk kapsul. Anda bisa membeli kapsul teripang di apotik atau toko obat terdekat.


3. Mahkota Dewa
Daun dan buah mahkota dewa dapat menyembuhkan kista karena kedua bahan ini sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Alkoid, polifenol, flavnoid dan juga saponin adalah beberapa zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengobati kista.
Caranya:
Rebus buah dan daun mahkota dewa bersama dengan temu mangga. Rebus dan biarkan sampai air hanya tersisa setengahnya.
Ramuan tradisional ini harus diminum secara teratur dan dosis yang tepat adalah dua kali dalam sehari.


4. Benalu Teh
Zat flavanones, flavonoid dan chalcones yang ada pada benalu yang tumbuh di pohon teh bisa digunakan untuk mengobati kista rahim yang Anda derita. 

Caranya:
Benalu dan mutiara direbus dalam air yang sesuai selera. Minum air rebusan ini secara teratur untuk membantu terapi penyembuhan kista.

Jaga pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup agar kista rahim yang Anda derita tidak semakin memburuk. Sekian saja dari kami www.obatgatal2.com Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: