Jumat, 14 Oktober 2016

Tanda Dan Gejala Kista Pada Wanita Dan Tips Untuk Mengetahui Gejala Kista

Baca lagi:
Gejala kista – Berdasarkan penelitian yang sudah dialkukan, menyatakan bahwa sekarang semakin banyak wanita yang meninggal karena terkena kista. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena wanita tidak tahu apa tanda dan gejala penderita kista. Oleh sebab itu untuk mengurangi jumlah penderita kista karena hal teresbut, kami akan memberikan pengetahuan tentang tips untuk mengetahui gejala penyakit tersebut.

Tanda Dan Gejala Kista Pada Wanita Dan Tips Untuk Mengetahui Gejala Kista

Tapi sebelumnya akan kami bahas mengenai penyebab kista:

1. Penyebab penyakit kista yang pertama adalah kegagalan folikel ( kantong telur) berovulasi. Dalam siklus reproduksi wanita, satu kantong telur dalamindung telur akan mengalami ovulasi pada setiap bulannya. Folikel yang sudah kehilangan sel telur tersebut secara normal akan mengalami degenerasi dan hilang sendiri diserap oleh tubuh kita. Namun kadang - kadang saat folikel ini mengeluarkan indung telurnya kadang juga mengalami kegagalan. Jika sering mengalami hal ini dan berlangsung dalam jangka waktu lama, kantong telur yang gagal berovulasi dapat tumbuh menjadi kista.

2. Lebih luas lagi penyebabnya adalah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya karena keturunan, jika ibu Anda atau nenek Anda punya latar belakang pernah mengidap penyakit kista, maka bibit kista tersebut juga dapat berkembang pada seorang wanita. Pola menstruasi yang tidak teratur serta tidak rutin dan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Selanjutnya disebabkan terjadinya peningkatan distribusi lemak pada bagian atas tubuh.

3. Disamping itu adan makanan penyebab kista , yaitu makan makanan yang mengandung banyak lemak berlebih atau lemak tidak sehat bisa menyebabkan zat lemak tidak dapat diproses dan dicerna dalam proses metabolisme tubuh kita yang bisa menyebabkan meningkatnya produksi hormon testosteron pada tubuh secara berlebihan. Makanan yang bersifat karsinogenik juga dapat memicu tumbuhnya gejala kista yang dikarenakan residu makanan yang mencemari sel tubuh.

Tanda Dan Gejala Kista Pada Wanita Dan Tips Untuk Mengetahui Gejala Kista

4. Penyebab kista rahim berikutnya adalah munculnya menstruasi pada usia dini yaitu umur 11 tahun ( kelas 5 SD ) kebawah. Pada wanita tersebut akan sangat mudah mengalami kista.

5. Infertilitas, yaitu gagalnya proses untuk hamil pada pasangan suami istri setelah mengalami kira - kira masa hubungan suami istri diatas satu tahun dengan interval 2- 3 kali dalam seminggu tanpa alat kontrasepsi.

6. Penyebab lainnya adalah penggunaan alat kontrasepsi oral yaitu penundaan kehamilan dengan menggunakan pil KB guna mencegah produksi indung telur selama masa ovulasi. Penggunaan KB ini termasuk jenis hormon dan bagi yang tidak cocok dapat mengakibatkan terganggunya keseimbangan hormon. Meskipun sebagian besar kista bersifat jinak, beberapa jenis memiliki resiko menjadi kanker.
Pada umumnya , wanita terkena gejala kista pasti akan menghilangkannya dengan jalan operasi atau pengangkatan. Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan operasi tidak akan menjamin kista itu telah benar – benar hilang. Pasalnya saat pengambilan kista dilakukan pasti masih ada sisa yang menempel, dan beberapa tahun kemudian sisa tersebut mulai berkembang lagi. Jika terlalu sering melakukan operasi, ini akan memberikan dampak buruk, yaitu rahim tidak bisa berfungsi dengan normal lagi atau bisa dikatakan rahim Anda menjadi lemah.

 Gejala Kista Pada Wanita

Seperti yang telah disebut sebelumnya, kista tidak dapat ditemukan dengan telanjang mata. Karena keberadaanya yang ada di dalam ovarium. Namun , beberapa gejala kista berikut ini sedikit banyak membantu untuk mengetahui apabila terdapat kista di dalam ovarium.

Berikut tips untuk mengetahui tanda adanya gejala kista:
  1. Anda akan mual dan muntah secara berkelanjutan
  2. Bila Anda mengalami menstruasi yang sangat banyak dan terkadang tidak teratur.
  3. Selama menstruasi panggul Anda terasa nyeri berlebihan dan sering kali juga menyerang punggung bagian bawah.
  4. Sakit pada panggul ketika Anda berhubungan seksual.
  5.  Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, pada beberapa penderita ada yang sampai pingsan karena sakit tidak bisa menahan rasa sakit tersebut.
  6. Merasakan bahwa tekanan panggul atau perut yang lebih rendah atau selalu terasa penuh karena pembesaran kista atau mioma.
  7. Rasa tertekan akan merambah ke kandung kemih Anda, sedangkan ke belakang akan menekan rektum. Hal ini menyebabkan gangguan saat buang air kecil dan buang air besar.
  8. Tanda kista selanjutnya adalah Terjadi bercak – bercak pada vagina Anda serta perdarahan pada vagina yang sangat hebat. Hal ini disebabkan oleh luas permukaan endometrium yang lebih menebal dan menyebabkan kontraksi rahim terganggu, sehingga terjadi pendarahan hebat.
  9. Kadang – kadang kista yang tumbuh di tangkai dari ovarium dapat memutar tangkai kista rahim pada dirinya sendiri ( torsia ) . Ini menghentikan darah yang mengalir melalui batang untuk dan menyebabkan kista kehilangan suplai darah sehingga mendadak perut sakit parah.
  10. 1 Benjolan pada kista bila dalamkeadaan lanjut bisa teraba di daerah perut
  11. 1Mioma uteri yang membesar dapat menekan organ – organ sekitarnya. Jika ingin tau obatnya baca  Obat Penyakit Kista Pada Pria Dan Perempuan serta Macam2 Bentuk Kista.

 Tips Untuk Mengetahui Gejala Kista yang Harus diperiksakan ke dokter

Para wanita yang mengalami gejala kista di atas dan terlebih lagi di bawah ini, harus segera memeriksakan diri ke dokter.

1. Tiba – tiba mengalami nyeri pinggul dan sakit pada bagian perut yang sangat hebat.
2. Rasa nyeri yang disertai demam dan muntah – muntah.
3. Tanda adan gejala tersebut, atau lebih tepatnya kejutan seperti kulit dingin dan berkeringat, sesak napas, seolah melayang atau merasa lemah.
Tiga hal ini sudah menunjukkan kondisi darurat dan Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.
4. Gejala kista lainnya
Kista indung telur adalah massa berisi cairan, bisa berbentuk cair maupun kental seperti gel. Kista ini diproduksi oleh kelenjar di ovarium yang tak bisa di keluarkan lalu menumpuk dan makin lama makin membesar. Kista adalah gumpalan cairan yang terdapat di ovarium. Sebagai gannguan di organ dalam. Maka keberadaanya kista secara kasat mata sangat sulit untuk diketahui. Apabila muncul gejala – gejala di atas, lebih baik Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan atau spesialis Obsgyn untuk meminta pemeriksaa USG. Yang dapat menemukan dengan pasti keberadaan kista di dalam ovarium hanyalah dengan prosedur medis seperti sinar X atau pun USG. Dengan bantuan USG, kista dapat terdeteksi dengan mudah dan Anda pun dapat menentukan langkah – langkah selanjutnya yang harus diambil.

Oleh sebab itu, Anda harus bisa benar – benar menjaga organ reproduksi Anda. Jika terkena masalah keputihan, selidikilah apakah kista tersebut abnormal atau normal. Jangan menganggap remeh keputihan karena semakin lama Anda membiarkannya, membuat penyakit muncul, salah satunya yaitu seperti kista. Kista adalah kantong yang terletak di ovarium, dan kantong tersebut berisi cairan. Pada dasarnya disetiap tubuh manusia memiliki kista, namun bedanya ada yang tidak berkembang dan ada yang berkembang. Ketahui apakah kista yang ada didalam tubuh Anda jika itu berkembang atau tidak dengan mencari informasi seputar tips untuk mengetahui gejala kista. Karena kista ini bisa dikatakan cukup berbahaya, jika Anda melihat beberapa gejala penyakit kista di tubuh Anda. Segeralah atasi karena solusi penyembuhan kista sudah ada, dan dapat dilakukan di rumah dengan menjaga pola makan yang baik.

Demikianlah artikel mengenai tanda dan gejala kista pada wanita dan tips untuk mengetahui gejala kista dari www.obatgatal2.com. Semoga dengan bahasan ini , para wanita dapat mengantisipasi penyakit kista maupun penyakit rahim lainnya. Sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kista ini.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: