Kamis, 13 Oktober 2016

Ciri Penyakit Kista pada Wanita Perempuan dan Lelaki Dan Apa Penyebab Kista

Baca lagi:
Ciri penyakit kista – Jika berbicara tentang kista, kita bisa mengibaratkannya seperti balon atau gelembung yang didalamnya berisi air dan bisa terus tumbuh membesar atau bahkan pecah. Kista bisa tumbuh didalam tubuh, tepatnya dimanapun dan jenisnya juga bermacam-macam. Dokter menyebut kista sebagai kata yang erat kaitannya dengan tumor yang tumbuh dalam tubuh. Kista tidak hanya ada di bagian kandungan saja, tetapi bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Jadi, memang tidak hanya tumbuh di bagian dinding rahim saja. Tumor ini bisa juga terletak di bagian bibir kemaluan atau bagian lainnya seperti dinding vagina.

Ciri Penyakit Kista Pada Wanita Perempuan Dan Lelaki Dan Apa Penyebab Kista

Pemicunya adalah munculnya benjolan pada sel kelenjar. Ketika kelenjar bartolinin muncul, maka ada resiko munculnya kista. Isi atau cairan kista biasanya berupa darah karena adanya luka pada pembuluh darah kecil di ovarium atau bahkan bisa gigi dan rambut yang mengisi jaringan yang tidak normal tersebut.

Cara Mengenal Ciri Penyakit Kista Pada Lelaki

Kista tidak hanya terjadi pada semua wanita, tetapi bisa juga terjadi pada laki-laki. Pada kasus yang banyakt erjadi terutama pada wanita, kasus kista sering muncul di bagian indung telur, tetapi hal ini sudah tentu berbeda dengan para lelaki. Biasanya, kista ini muncul di bagian tertentu seperti di daerah kulit, paru-paru, otak dan bahkan di bagian usus. Disebut kista non-neoplastik jiak tidak begitu besar dan bisa hilang dengan sendirinya.

Ciri penyakit kista pada lelaki yang bsudah memecah, maka dibutuhkan tindakan operasi dan pengobatan medis lainnya. Penderitanya akan merasa seperti nyeri dan perih terutama di bagian kista tersebut tumbuh dan rasa nyeri tersebut baru terasa ketika kista sudah pecah. Namun, resiko penyakit kista pada lelaki jauh lebih kecil dibandingkan dengan wanita.

Ciri Penyakit Kista pada Wanita Perempuan dan Lelaki Dan Apa Penyebab Kista

Ciri Penyakit Kista Pada Perempuan

Pada perempuan, penyakit kista biasanya sering menyerang bagian rahim atau indung telur dan seringkali di daerah perut. Untuk bentuknya, sudah tentu ada berbagai macam, mulai dari bentuk anggur, Kristal yang berisi cairan kental atau berisi nanah dan udara. Gejala atau Tnda penyakit kista pada perempuan bisa berkembang sangat lama dalam tubuh dan terus membesar, sedangkan resikonya yang pecah terbilang rendah.

Beberapa penyakit kista tidak memberikan ciri penyakit kista awal, biasanya muncul pada periode tertentu saja. Sebab, perjalanan penyakit dan perkembangannya terbilang seperti sembunyi-sembunyi. Walau gejala umumnya terbilang bervariasi dan tidak spesifik, berikut informasi tentang ciri-ciri penyakit kista pada wanita.
  1. Menstruasi tidak teratur. Kadang sedikit kadang benar-benar banyak.
  2. Ada rasa nyeri di bagian ketiak terutama ketika sedang haid. Beberapa penderita dijelaskan merasa pingsan karena sakitnya yang tidak tertahan.
  3. Terasa nyeri hebat di bagian panggul selama menstruasi dan kadang menyerang bagian punggung bawah.
  4. Adanya tekanan panggul atau perut dan terasa penuh karena adanya pembesaran kista (mioma).
  5. Sakit ketika berhubungan seksual.
  6. Ada bercak-bercak di area vagina dan pendarahan yang hebat. Kondisi ini muncul karena luas permukaan endometrium menjadi lebih tebal dan kontraksi rahim yang terganggu sehingga berujung pada pendarahan yang hebat.
  7. Perut mendadak sakit parah.
  8. Muntah dan mual yang terlalu sering.
  9. Benjolan pada kista bisa teraba ketika sudah membesar.
  10. Organ-organ seperti kandung kemih menjadi tertekan sehingga sering buang air kecil.
Bahkan sampai saat ini, penyebab penyakit kista secara jelasnya masih belum diketahui dengan pasti, namun ada beberapa teori bahwa adanya ciri penyakit kista dipicu ganguan pada pembentukan estrogen dan juga mekanisme pada ovarium-hipotalamus. Penyebanya itu sendiri berujung pada tipe kista yang terbentuk. lalu apa ciri kista penyah? inilah ulasannya Apa Tanda-Tanda Kista Pecah dan Membesar Pada Wanita dan Perempuan.

Penyebab Penyakit Kista

Setelah anda mengetahui beberapa ciri penyakit kista di atas, erikut infomrasi lengkap tentang penyebab penyakit kista.

1. Gagalnya sel telur atau folikel untuk berevolusi
Normalnya, fungsi ovarium sangat bergantung pada beberapa hormone dan ketika adanya kegagalan dalam pembentukan hormone tersebut, maka sudah pasti akan memberikan pengaruh yang besar pada ovarium. Ovarium menjadi tidak normal fungsinya terutama ketika seorang wanita tidak dapat menghasilkan hormone hipofisa dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketiak fungsi ovarium menjadi tidak normal, maka muncullah penimbunan folikel yang terbentuk dengan tidak sempurna dalam ovarium. Dalam kondisi ini, folikel yang gagal mengalami pematangan kemudian tidak bisa melepaskan sel telur sehingga ciri penyakit kista mulai muncul karena memang kista mulai terbentuk.

Ada beberapa tipe kista dalam ovarium seperti misalnya tipe folikuler yang merupakan kista yang paling sering terjadi. Dalam beberapa kasus menunjukkan bahwa kista jenis ini muncul karena adanya pertumbuhan folikel ovarium yang tidak bisa dikontrol oleh tubuh. Disebut folikel jika ada rongga cairan yang terdapat dalam ovarium. Biasanya, folikel yang normal berisi sel telur dan kemudian akan membuka ketika siklus menstruasi datang sehingga cara kerjanya adalah melepaskan sel telur. Tetapi, jika folikel sampai tidak bisa terbuka, cairan menjadi terbendung dan malah terus tertimbun membentuk kista.

2. Faktor keturunan
Untuk nenek atau ibu yang pernah mengidap masalah kista, maka ada peluang besar bibit kista menjadi berkembang pada keturunannya. Ciri penyakit kista yang sudah bawaan ternyata sama, yaitu siklus menstruasi tidak teratur, hormone tidak seimbang dan distribusi lemak meningkat di bagian atas tubuh.

3. Menstruasi di usia muda (11 tahun ke bawah)
Ada resiko besar kista yang menurut penelitian adalah ketika seorang wanita menstruasi di usia yang cukup muda yaitu di bawah 11 tahun.

4. Gagal hamil
Jika pasangan suami istri sering melakukan hubungan seksual bahkan di atas satu tahun dengan intensitas berhubungan intim selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan tidak kunjung hamil, bisa menjadi penyebab kista karena infertilitas.

5. Mengkonsumsi makanan dengan lemak berlebih
Lemak berlebih adalah lemak yang tidak sehat untuk tubuh. Ketika seorang wanita terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut, maka produksi hormone testosterone menjadi berlebih pula. Selain itu, makanan yang bersifat karsinogenik akan sering memicu munculnya kista karena adanya residu didalam makanan yang mencemari banyak sel tubuh.

6. Menggunakan pil KB
Salah satu cara menunda kehamilan adalah dengan menggunakan pil KB. Cara ini dapat mencegah produksi indung telur terutama ketika masa ovulasi. Penggunakan KB jenis ini dapat menyebabkan masalah keseimbangan hormone terutama bagi yang tidak cocok. Walaupun kista bersifat jinak, ada beberapa ciri penyakit kista yang bisa berbahaya dan berkembang menjadi kanker.

Itulah informasi lengkap tentang ciri penyakit kista pada lelaki dan wanita dan serta apa penyebabnya.kista memang tidak hanya menghantui para wanita, tetapi juga beresiko pada kaum lelaki. Selain masalah kegagalan dalam ovulasi, masalah makanan dan keturunan adalah beberapa pemicu munculnya kista. Untuk itu, jika anda tidak memiliki masalah ovulasi karena merasa menstruasi yang teratur dan tidak ada masalah selama atau sebelum haid serta tidak memiliki riwayat orang tua yang memiliki penyakit kista, maka jangan sampai anda punya masalah kista hanya karena mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Ok. baiklah jika anda mengalami penyakit kulit jangan lupa kunjungi kami di Obatgatal2.com.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: