Sabtu, 15 Oktober 2016

Artikel Ciri-ciri Panu di Wajah dan Cara Mengobatinya Serta Tanda Akan Sembuh dan Hilang

Baca lagi:
Salah satu penyakit kulit yang banyak di derita di daerah yang lembab dan panas adalah panu. Walau bukan penyakit yang membahayakan jiwa, namun keberadaannya akan membuat kita tidak nyaman. Selain merusak kecantikan, panu juga akan membuat rasa percaya diri seseorang luntur jika panu bersarang pada bagian wajah. Panu bisa menyerang siapa saja, laki-laki atau wanita, anak-anak atau dewasa, semua bisa saja terjangkit penyakit yang satu ini. Maka tidaklah heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan uang besar demi mengobati panu yang ada di wajah atau bagian badan yang lain. Nah, dalam tulisan ini saya memberikan gambaran sedikit tentang ciri-ciri panu, penyebab panu, pencegahan dan cara mengobatinya.

Artikel Ciri-ciri Panu di Wajah dan Cara Mengobatinya Serta Tanda Akan Sembuh dan Hilang

Oleh karena itu, tulisan dengan judul artikel ciri-ciri panu di wajah dan cara mengobatinya serta tanda akan sembuh dan hilang bermaksud mengedukasi masyarakat agar paham dan tahu cara mencegah dan mengobatinya jika sudah terlanjur terjangkit penyakit kulit panu ini.

Ciri-ciri Panud di Wajah, Punggung dan Seluruh Badan

Panu atau dalam bahasa kedokteran disebut Tinea Versicolor diakibatkan oleh infeksi jamur Malassezia Furfur. Kondisi kulit yang terjangkit infeksi jamur panu tersebut akan ditandai dengan munculnya bercak putih dan rasa gatal, apalagi ketika sedang berkeringat. Tentu saja kondisi demikian akan sangat mengganggu kenyaman sipenderita.


Artikel Ciri-ciri Panu di Wajah dan Cara Mengobatinya Serta Tanda Akan Sembuh dan Hilang
 Berikut ini ciri-ciri panu yang harus Anda katahui:

1. Ciri-ciri panu yang pertama adalah munculnya perubahan pada warna kulit
Ciri-ciri panu yang khas dan utama dapat dilihat disaat terjadinya perubahan yang sangat kontras pada warna kulit. Perubahan warna kulit akibat panu dapat berbentuk seperti pulau, dan jika dibiarkan semakin lama maka akan semakin melebar dan menyebar ke berbagai area kulit yang lain. Kulit yang terjangkit jamur panu akan berubah warnanya menjadi lebih putih, dan juga tidak menutup kemungkinan jika bercak yang muncul bukanlah berwarna putih melainkan berwarna kemerahan atau kecoklatan dan mungkin lebih gelap. Perubahan warna kulit yang terjadi umumnya memiliki ukuran yang jelas jika dibandingkan dengan permukaan kulit yang normal. 

2. Ciri-ciri panu yang kedua adalah kulit terasa gatal
Pertumbuhan jamur panu bisa menyebabkan rasa gatal yang mengganggu dan sangat menyiksa penderitanya, terkadang kita tidak tahan untuk menggaruk kulit dengan kasar. Kebiasaan kita menggaruk kulit yang gatal akibat jamur panu akan membuat kulit menjadi lecet dan terluka dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama kulit akan terkelupas. 

Pengobatan yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan dalam rangka mencegah dan menghindari terjadinya kulit terkelupas atau iritasi kulit karena panu. Ciri-ciri panu ini umumnya akan muncul sejak pertama terjangkit hingga masa penyembuhan dan panu benar-benar sembuh.

3. Ciri-ciri panu yang ketiga adalah mudah menular dan menyebar
Jamur panu yang menjangkiti kulit akan mudah menyebar ke bagian kulit yang belum terkena. Bahkan akibat pemakain barang secara bersama-sama dengan pengidap penyakit ini maka ia akan tertular. Oleh karena itu, jika Anda terkena penyakit kulit ini segera obati agar jamur panu tidak berkembang dan menyebar ke area kulit yang lain.

Penyebab panu

Malassezia Furfur merupakan jamur penyebab dari penyakit kulit panu. Jamur ini sebenarnya dalam kondisi kulit normal banyak ditemukan pada manusia, terutama remaja dan dewasa. Normalnya jamur ini tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan manusia. Akan tetapi pada beberapa orang jamur ini dapat berkembang biak secara cepat dan menimbulkan infeksi kulit sipenritanya. 

 Penyebab Panu Menyebar

Disinyalir ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jamur panu tersebut berkembang biak secara capat pada sebagian orang diantaranya :
  •  Faktor usia yaitu remaja dan dewasa awal atau dewasa muda
  •  Faktor kulit yang banyak mengeluarkan minyak
  • Faktor keringat yang berlebihan
  • Faktor cuaca atau lingkungan yang panas dan lembab
  • Faktor penurunan kekbalan tubuh

Pencegahan penyakit kulit panu

Jangan menganggap remeh penyakit panu terlebih lagi di area wajah. Pencegahan akan lebih baik dengan mengatur pola hidup sehat, salah satunya dengan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Terlebih lagi barang-barang yang sering dikenakan oleh tubuh seperti baju dan celana. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati?

Beberapa cara sederhana ini mungkin akan membantu Anda dalam upaya agar tidak terkena panu, diantaranya :
1. Biasakan untuk mandi minimal sehari dua kali agar badan tetap terjaga kebersihannya.
2. Pastikan handuk yang kita gunakan bukan bekas orang lain yang terkena panu dan upayakan sesering mungkin handuk di ganti. Dan jika bekas memakai usahakan untuk dijemur agar kering.
3. Selalu berpakaian yang bersih dan tidak memakai pakaian yang bekas dipakai orang yang berpenyakit panu.
4. Segera keringkan keringat Anda jika sudah beraktivitas atau berolah raga.
5. Selalu sediakan obat anti jamur panu di rumah sehingga jika sewaktu-waktu melihat ciri-ciri panu atau gejala panu pada kulit bisa langsung diobati.

Pengobatan penyakit kulit panu

Jika Anda terserang penyakit panu ini maka hal yang harus segera dilakukan adalah pengobatan agar jamur panu ini tidak berkembang dan menyebar kearea kulit yang lain. Banyak salep-salep kulit yang beredar dan dijual bebas di apotik-apotik. Jadi Anda tidak perlu ke dokter, akan tetapi jika memang sudah sangat lama dan bandel tidak sembuh-sembuh maka Anda dapat mengkonsultasikan penyakit tersebut dengan dokter.
Namun pada umumnya jamur panu ini dapat diobati dengan salep atau obat tablet anti jamur seperti obat yang mengandung klotrimazol, mikanazol, ketoknazol dan lain-lain. Dan kini juga sudah banyak obat anti jamur herbal alami yang dijual di toko-toko abat herbal. Anda tinggal pilih sesuai dengan gejala dan ciri-ciri panu yang Anda alami. Jika ingin hilangkan bekas panu silahkan lihat di Cara Menghilangkan Panu di Badan dan Bekasnya Secara Alami yang Membandel.

 Cara Mengobati panu di wajah dengan Cepat dan Mudah dengan Herbal Tradisional

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa bahan tradisional untuk diramu menjadi obat anti jamur alami, murah dan aman, seperti berikut :

1. Bawang putih
Bawang putih disinyalir mampu mengobati keberadaan panu dan bekas panu di area wajah karena kandungan bawah putih sebagai anti bakteri yang dapat membunuh keberadaan jamur. Sebelumnya bawang putih ditumbuk halus atau diblender dan air ampas bawang putih dioles ke wajah yang terkena panu. Kemudian cuci pakai air bersih dan keringkan dengan menggunakan handuk yang lembut permukaannya, tidak kasar.

2. Lengkuas
Lengkuas juga dapat digunakan untuk menghilangkan penyakit panu dan bekasnya di area wajah, tangan, badan ataupun punggung. Kandungan air yang terdapat dalam lengkuas mampu membasmi penyebaran panu di kulit wajah. Oleskan air lengkuas sampai rata kemudian bilas pake air bersih. Kemudian keringkan dengan handuk dan Lakukan sesering mungkin supaya penyembuhan cepat.

3. Belerang atau sulfur
Belerang diduga kuat ampuh mengobati penyakit panu dan bekasnya. Caranya pun cukup mudah yakni dengan menyiapkan belerang, jeruk nipis dan juga minyak kelapa. Air perasan jeruk nipis, dan minyak kelapa dicampur dengan belerang lalu digunakan untuk membasmi panu di wajah dan bekasnya, dengan cara dioles secara teratur 3 sampai 5 kali sehari ke bagian tubuh yang terkena panu. Kemudian bilas dengan air bersih, dan keringkan dengan handuk yang permukaanya lembut.

4. Kunyit
Kunyit dapat dijadikan salah satu alternatif obat dalam membasmi panu dan bekasnya secara alamiah. Selain berguna untuk menyembuhkan cedera fisik dan infeksi, Anda dapat mempergunakan kunyit untuk mengobati panu di kulit wajah dengan cara mengoleskannya atau dijadikan jamu untuk diminum yang mampu mengurangi rasa gatal akibat panu. Lakukan secara teratur supaya cepat sembuh.

5. Lidah buaya
Lidah buaya yang nama ilmiahnya Aloe vera mengandung sifat anti mikroba yang mampu melindungi wajah kita dari jamur dan bakteri. Caranya cukup olesi dengan rata area wajah yang terkena panu. Lakukan secara rutin supaya penyembuhan lebih maksimal.

 Tanda Akan Sembuh dan Hilang

Ya ciri-ciri panu akan hilang sangat mudah yaitu
1. Saat Keringatan sudah tiak terasa gatal lagi
2. Putih kulit muali pudar terlihat seperti layu
Demikian artikel ciri-ciri panu di wajah dan cara mengobatinya serta tanda akan sembuh dan hilang dari www.obatgatal2.com. Mudah-mudahan bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: