Selasa, 11 Oktober 2016

Ciri-Ciri Cacar Api, Monyet Dan Air Dan Penyebabnya pada Anak dan pada Orang Dewasa

Baca lagi:
Ciri-ciri cacar – Cacar dalam dunia medis seringkali disebut Variola dan dalam bahasa inggris disebut sebagai small pox. Seperti namanya, penyakit ini terjadi akibat serangan dari virus pox yang sudah ada sejak jaman dahulu. Karena pemicunya adalah virus, maka penyakit ini digolongkan sebagai penyakit yang paling cepat menular.

Ciri-Ciri Cacar Api, Monyet Dan Air Dan Penyebabnya  pada Anak dan pada Orang Dewasa

Pertama kita bahas apa itu tanda-tanda cacar api?

A. Ciri-Ciri Cacar Api dan Penyebabnya

Berbeda dengan kebanyakan penyebab penyakit cacar, jenis cacar api ini dipicu karena adanya infeksi bakteri dan bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Penyakit kulit ini umumya sering menyerang usia lanjut atau orang yang memiliki masalah dengan daya tahan tubuh yang lemah seperti misalnya penderita AID, Limpona, Leukimia dan terakhir adalah Lupus. Penyakit jenis cacar ini bisa juga menyerang orang yang sudah pernah terkena penyakit cacar, dan akan menjadi lebih parah dari sebelumnya. Biasanya, penyakit jenis ini sering muncul ketika seseorang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan jumlah bakteri yang cukup banyak pada tubuh. 
Ciri-Ciri Cacar Api, Monyet Dan Air Dan Penyebabnya  pada Anak dan pada Orang Dewasa

Ciri Ciri Cacar Api

Sedangkan untuk ciri-ciri cacar jenis ini adalah:
1. Jika daya tahan tubuh lemah, maka muncul kolonisasi yang terus meningkat sehingga muncul adanya infeksi cacar api.
2. Adanya bercak-bercak merah di permukaan kulit dan bahkan hampir di seluruh area tubuh.
3. Seringkali muncul di bagian lipatan tubuh karena disana, kuman bisa berkembang dengan baik seperti misalnya di dada, punggung, ketiak, paha dan lainnya.
4. Munculnya benjolan yang merah disertai cairan nanah. Kondisi ini sangat menular terutama ketika terjadi kontak secara langsung.
5. Disertai demam ringan terutama saat malam hari dan siang hari yaitu selama 24 jam dan vesikel pun akan muncul.
6. Penderita mengalami ruam dan kulit tampak kemerahan atau adanya makula. Pertama muncul di beberapa bagian tubuh tetapi kemudian menyebar ke wajah dan ekstremitas. Dalam hitungan jam, makula berubah menjadi vesikel dangan cairan didalamnya dan bisa muncul di bagian vagina atau mulut. Vesikel yang berisi cairan bisa pecah dalam hitungan hari dan memunculkan krustasi.
7. Makula pun mulai tumbuh banyak, vesikel yang kropeng juga dengan stadium bentuk serta krustasi yang berbeda.
8. Biasanya, cacar jenis ini menyerang di satu bagian tubuh saja, terutama di sepanjang dermatom yang terinfeksi. Misalnya di bagian wajah, leher atau dada. Lesinya juga lebih kecil.
9. Infeksi menjadi serius jika penularan terjadi melalui aliran darah.

Penyebab Cacar Api

Cacar api ini muncul karena daya tahan tubuh yang lemah dan tingkat kebersihan yang kecil sehingga serangan bakteri bisa mudah masuk.

B. Ciri-Ciri Cacar Monyet dan Penyebabnya

Cacar monyet di dunia medis disebut dengan impetigo bulosa atau variola impetigo bulosa. Beberapa juga menyebutnya sebagai impetigo vesikola-bulosa. Dalam mengatasi cacar monyet, dibutuhkan antibiotik yang efektif guna melawan akteri aerob, yaitu sejenis bakteri yang membutuhkan udara atau oksigen.
Seseorang yang terkena cacar monyet, tidak mendapati ciri-ciri cacar secara umum, jadi memang tidak seperti ada fase cacar yang muncul seperti demam tinggi atau lainnya. Tubuh akan mendadak mengalami benjolan-benjolan yang ada di sekitar dada, daerah ketiak dan juga punggung. Penyakit cacar jenis ini umumnya sering menyerang anak-anak kecil. Kulit akan tampak megnalami kelainan seperti munculnya bercak merah yang dengan cepat berubah menjadi lepuhan dan berisi cairan namun akan mengering dan kemudian keropeng. Biasanya juga terdapat di sekitar mulut, punggung, dada, ketiak, hidung dan leher.

Ciri-ciri cacar monyet

1. Cairan lenting tidak muncul, tetapi badan terasa gatal.
2. Muncul biang keringat atau miliaria dan membuat badan terasa gatal. Penderita akan terus menggaruk badan yang terinfeksi seperti monyet.
Penyebab:
Penyakit cacar jenis ini disebabkan oleh serangan bakteri staphyloccus aureus.

C. Cacar Air dan Penyebabnya

Berbeda dengan dua jenis penyakit cacar sebelumnya, cacar air disebabkan karena adanya virus varicella zoster yang menginfeksi tubuh. Sehingga, muncullah ciri-ciri cacar seperti ruam kulit dengan beberapa bintik-bintik kecil yang menonjol atau datar, tampak melepuh dan keropeng serta begitu gatal. Cacar air ini sangat menular ketika ada kontak langsung. Cacar air juga dikenal dengan varicella atau sebutan lainnya adalah chicken pox. Jika seseorang terkena cacar air sebelumnya, maka tubuh sudah membentuk antibodi untuk mengatasi serangan virus varicella zoster di masa berikutnya sehingga sangat jarang ditemukan kasus seseorang terkena cacar air dua kali dalam hidupnya. Ketika seseorang terkena cacar air, sangat dianjurkan untuk diberikan penanganan medis yang tepat sehingga seluruh virus bisa dihilangkan dari tubuh. Sebab, jika tidak diberantas sampai habis, maka ada masalah berikutnya yang bisa muncul yaitu seperti penyakit herpes zoster terutama ketika kekebalan tubuh seorang tersebut melemah.

Ciri-ciri cacar air

Lihatlah tanda-tanda cacar air ini:
1. Dalam 10 sampai 21 hari setelah infeksi virus cacar air masuk, penderita akan merasa demam, sakit kepala, dan tidak enak badan. Jika yang diserang adalah anak di bawah 10 tahun, gejala biasanya tidak muncul. Tetapi, jika menyerang orang dewasa, gejalanya cenderung lebih parah.
2. Jika sudah dua atau tiga hari selanjutnya, ciri-ciri cacar disertai dengan munculnya bintik merah datar yang disebut makula. Kemudian ketika sudah menonjol disebut papula. Didalamnya akan muncul cairan dengan kulit tampak seperti melepuh serta gatal dan disebut vesikel. Vesikel juga keropeng bisa muncul ketika sudah 6 atau 8 jam lebih. Prosesnya terjadi seperti berulang-ulang. Macula muncul, kemudian papula, kemudian vesikel dan keropeng terus terjadi dalam 4 hari.
3. Di hari ke-5 penderita tidak mengalami lepuhan baru pada kulitnya.
4. Di hari ke-6, lepuhan yang ada di kulit penderita berangsur mengering dan hilang dengan sendirinya selama 20 hari.

Penyebab cacar air

Cacar air bisa muncul karena adanya infeksi virus varicella zoster yang disebarkan dan menular melalui kontak langsung, percikan ludah atau percikan cairan cacar yang pecah. Jika ingin tau apa antibiotik cacar maka lihat  Artikel Vaksin dan Cara Menghindari Penyakit Cacar

Saat anak atau orang dewasa terkena cacar air, penyebarannya memang tergolong sangat cepat. Dalam hitungan jam saja virus tersebut bisa merambat ke bagian tubuh lainnya. Untuk itu, agar pemulihan bisa cepat terjadi adalah dengan memeriksakan anak atau penderita ke puskesmas atau klinik kesehatan lainnya. Anak juga harus diberikan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin sebab dua kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sedang melemah, agar virus segera hilang dari tubuh. 

Ciri-ciri cacar sebenarnya bisa dikenali dengan mudah. Ketika anak rewel karena cacar, buatlah dirinya merasa nyaman. Berikan obat secara rutin. Untuk pencegahannya, hindarkan anak dari penderita cacar. Pisahkan baju anak yang sehat dari baju anak yang terkena cacar ketika hendak mencuci. Sebab, cara ini dapat meminimalisir resiko anak tertular cacar. 

Itulah informasi dari www.obatgatal2.com tentang ciri beberapa jenis cacar dan penyebabnya. Tidak perlu panik jika cacar menyerang, karena bisa segera hilang jika segera ditangani dokter. Semoga bermanfaat!
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: