Jumat, 07 Oktober 2016

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Pada Wajah Dan Leher

Baca lagi:
Cara mengatasi biang keringat pada bayi- Menjadi seorang ibu dan memiliki buah hati adalah anugrah yang paling besar dan tidak ada tandingannya. Memiliki bayi juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bayi tersebut, merawat bayi memang harus penuh dengan hati – hati. Gangguan yang sering datang pada bayi biasanya berupa gangguan gatal – gatal akibat biang keringat. Biang keringat adalah gangguan gatal – gatal dengan munculnya raum kecil – kecil disektiar kulit bayi, biang keringat memberikan rasa gatal dan perih jadi tidak heran jika bayi dengan gangguan biang keringat di kulit akan menjadi lebih rewel. 

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Pada Wajah Dan Leher

Penyebab datangnya biang keringat ini adalah adanya sumbatan pada kelenjar keringat, jadi keringat tidak dapat diproduksi dan keluar dengan normal. Biasanya biang keringat ini datang di daerah wajah dan leher pada bayi. Jika ibu sudah tahu bahwa biang keringat menyerang bayi ibu, sebaiknya segera lakukan penanganan yang cepat agar tidak bayi sering rewel dan tentu saja akan kasihan jika merasakan sakitnya biang keringat. 

 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada anak Bayi
Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Baru Lahir Pada Wajah Dan Leher

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi biang keringat pada bayi 2 bulan kurang lebih:

1. Mengobati dengan bedak tabur
Untuk cara mengatasi biang keringat pada bayi pada wajah ibu perlu memberikan perhatian agar tidak ada kesalahan dan menyebabkan biang keringat makin parah karena alergi. Cara aman untuk mengobati biang keringat dengan menggunakan bedak tabur. Pilih bedak tabur yang memiliki kandungan Calamin. Calamin mampu mendinginkan area kulit biang keringat dan membuat kulit menjadi tidak lembab dan iritasi, jadi biang keringat pada bayi dapat diatasi tanpa perlu memikirkan bagaimana efek sampingnya. Jika bayi ibu sudah mandi, segera tempelkan bedak tabur pada bagian biang keringat dengan pelan – pelan. Jangan sampai menggosoknya karena akan membuat semakinj parah dan akan menimbulkan luka.

2. Mengobati dengan salep
Jika ibu sudah mencoba menggunakan bedak tabur, kemudian kandungan calamin tidak membuat biang keringat reda dan cepat sembuh maka ibu juga bisa menggunakan obat salep yang dibeli di apotek terdekat sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi leher dan wajah. Salep dengan kandungan hidrocortison dengan dosis yang rendah bisa membantu untuk mengatasi biang keringat di kulit bayi. Ibu cukup mengoleskan selep secukupnya pada biang keringat di kulit bayi. Tapi sebelum mengoleskan salep, sebaiknya ibu tidak lupa untuk mencuci tangan agar tidak ada kuman yang berpindah dari tangan ibu di kulit bayi. Namu gunkanlah sesuai dokter umum biang keringat pada bayi.

3. Mengobati dengan Anhydrous lanolin
Seperti yang sudah ditulis di atas bahwa penyebab dari penyakit biang keringat adalah adanya sumbatan di kelenjar keringat. Untuk melancarkan kelenjar keringat agar mampu bekerja dengan normal maka ibu bisa menggunakan obat dengan kandungan Anhydrous lanolin. Kandungan Anhydrous lanolin mampu menghilangkan sumbatan pada kelenjar keringat, tentu saja ini bisa menjadi cara mengatasi biang keringat pada bayi cukup mudah. Ibu bisa mendapatkan obat dengan kandungan Anhydrous lanolin di apotek terdekat. Sebelum membeli sebaiknya ibu bertanya dulu kepada petugas apoteker mengenai obat untuk biang keringat bagi bayi. Jangan sampai membeli obat yang tidak jelas bahannya terbuat dari apa, karena resiko efek samping sangat besar apalagi untuk bayi yang masih memiliki kulit yang sensitif.

4. Mengobati dengan minyak telon
Bayi selalu memiliki perlengkapan yang banyak dan lengkap. Peralatan – peralatan yang dimiliki bayi memberikan manfaat dan perlindungan tersendiri bagi bayi. Minyak telon adalah salah satu perlengkapan yang dimiliki bayi dan memberikan manfaat yang besar untuk menyembuhkan penyakit biang keringat. Cara mengatasi biang keringat pada bayi dengan menggunakan minyak telon adalah cara yang paling mudah. Ibu harus memilih minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa sebesar 60%. Minyak kelapa mampu memberikan khasiat meredakan radang kulit, membunuh bakteri, dan juga bisa menghaluskan kulit.

5. Mengobati menggunakan tepung kanji
Tepung kanji merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan sebagai bahan makanan, tetapi tepung kanji juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi 0 bulan . Tepung kanji memliki sifat untuk mendinginkan biang keringat yang ada pada kulit. Nenek moyang pada jaman dahulu menggunakan tepung kanji untuk mengobati biang keringat. Tepung kanji bekerja dengan cara mendinginkan dan mengurangi rasa panas dan juga gatal. Sebelum menggunakan tepung kanji sebaiknya bayi dimandikan terlebih dahulu, kemudian badannya dikeringkan dan dibaluri dengan tepung kanji yang ditambahkan dengan sedikir air. Biarkan tepung kanji mengering, biang keringat juga akan ikut sembuh.

6. Mengobati dengan daun tembelekan
Mungkin dijaman sekarang jika seseorang ditanya tentang tanaman tembelekan tidak akan banyak yang tahu. Daun tembelekan memiliki nama latin namanya Lantana Camara Linn yang memiliki wujud cantik dan bisa memberikan manfaat untuk menyembuhkan penyakit biang keringat pada bayi. Cara membuatnya dengan menyiapkan segenggam daun tembelekan kemudian di rebus dengan air sebaganya 3 gelas dalam waktu 15 menit. Kemudian dalam keadaan hangat basuhkan pada kulit yang terkena biang keringat. Lakukan cara ini sesering mungkin agar biang keringat dapat cepat sembuh. Bila anda dan anak anda juga kena panu maka bisa anda baca Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dan Cepat Hilang Yang Aman

Tips Untuk Penderita Biang Keringat

Selain mengobati biang keringat dengan obat – obatan dan bedak atau yang lainnya. Ibu bisa memberikan penanganan berupa tindakan agar biang keringat tidak menjadi semakin parah dan menyiksa jari ibu. Berikut ini beberapa

1. Ibu bisa melonggarkan pakaian atau melepaskan pakaian bayi atau bisa juga berikan pakaian yang tipis dan sejuk. Keringat tidak bisa berjalan dengan lancar biasanya juga karena dampak dari baju yang terlalu tebal. Ketika baju anak tebal, sirkulasi udara akan berkurang keringat yang akan keluar jadi tidak bisa mengalir dengan baik.
2. Hindari menggaruk. Biasanya tangan bayi akan memberikan reflek untuk menggaruk, sebaiknya ibu memperhatikan dan tidak mengizinkan bayi untuk menggaruk biang keringat. Karena jika biang keringat menjadi luka maka akan menjadi semakin parah dan akan susah untuk disembuhkan.
3. Berikan pelembab atau lotion yang memang khusus untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Jadi rasa gatal juga bisa berkurang karena pelembab atau lotion yang diberikan. Tapi jangan sembarang pelembab atau lotion yang diberikan. Sebaiknya minta solusi pada dokter spesialis anak mana pelembab yang cocok untuk kulit yang sensitif.
4. Biang keringat bisa juga terjadi karena panas dalam yang tidak mampu keluar, ibu bisa memberikan minum yang banyak agar stimun bayi menjadi lebih kuat dan bakteri atau kuman dapat pergi dengan cepat.
Cara mengatasi biang keringat pada bayi usia 9 bulan atau pun kurang memang banyak, ibu cukup memilih satu cara dan dilakukan secara rutin. Kebersihan kulit bayi juga butuh untuk diperhatikan, jika biang keringat dalam kurun waktu yang lama tidak kunjung sembuh sebaiknya dibawa ke dokter agar tidak terlalu lama bayi merasakan sakitnya. 

Sekian informasi untuk mengatasi biang keringat dari kami www.obatgatal2.com. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: