Minggu, 04 September 2016

Merk Salep Gatal Selangkangan dan Lecet di Apotik Yang Bagus (Scabimite, Elocon, Miconazole )

Baca lagi:
Topik pembahasan artikel kali ini akan mengangkat tema tentang Nama salep gatal selangkangan sesuai dengan judul di atas.Berbagai merk salep gatal selangkangan dewasa ini semakin menjamur dan di jual bebas di apotik-apotik atau toko-toko obat. Hal ini sangat wajar, mengingat di Indonesia yang merupakan daerah tropis yang beriklim panas dan lembab cukup banyak ditemukan kasus infeksi jamur kulit. Apalagi jika anda kurang baik dalam menjaga kebersihan badan. Gatal karena jamur ini bisa menyerang beberapa bagian dari tubuh terutama bagian-bagian lipatan tubuh seperti selangkangan atau pangkal paha bagian dalam, area sekitar kelamin dan bokong. Infeksi jamur yang terjadi pada area tersebut akan menyebabkan timbulnya ruam berwarna merah berbentuk lingkaran dan terasa gatal, yang biasa dikenal dengan istilah tinea cruris.

Merk Salep Gatal Selangkangan dan Lecet di Apotik Yang Bagus

Tinea cruris tidak hanya mudah menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, namun banyak juga diderita oleh orang-orang yang obesitas atau kegemukan. Penyakit ini bukanlah tergolong pada penyakit berbahaya, namun rasa gatal yang ditimbulkannya membuat tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 
Merk Salep Gatal Selangkangan dan Lecet di Apotik Yang Bagus (Scabimite, Elocon, Miconazole )

Penanganan tinea cruris sangat mudah yaitu dengan mengoleskan salep gatal selangkangan atau salep anti jamur serta harus menjaga pangkal paha agar tetap kering dan bersih.

Gejala awal gatal pangkal paha atau selangkangan (tinea cruris)

Gejala awal dari penyakit ini adalah dengan munculnya warna merah pada kulit selangkangan atau pangkal paha kemudian menyebar pada paha bagian atas yang berbentuk seperti lingkaran. Pada tahap awal infeksi, selangkangan atau pangkal paha akan sedikit gatal, kondisi ini akan semakin parah dan menimbulkan rasa gatal yang sangat tidak tertahan jika tidak ditangani secara cepat dan tepat.

Gejala lainnya yaitu munculnya ruam pada kedua pangkal paha dan lipatan disekitar selangkangan. Ruam tersebut bergaris tepi yang kecil dan menimbulkan rasa gatal seperti terbakar serta akan membuat kulit yang terinfeksi akan lecet atau terkelupas. Untuk mendiagnosa penyakit kulit ini biasanya dokter cukup dengan melihat langsung ruam yang terdapat pada pasien dan mencari penyebab yang jelas, sehingga dapat memberikan resep obat atau salep gatal selangkangan yang tepat.

Faktor penyebab gatal pangkal paha atau selangkangan (tinea cruris)


Penyakit ini diakibatkan oleh sejenis fungi. Fungi ini bisa menyebar dari pemakaian handuk yang sudah terkontaminasi atau bisa juga keran terjadi kontak langsung dengan penderita penyakit ini. Selain itu banyak juga kasus penyakit ini yang disebabkan oleh fungi penyebab kutu air, infeksi jamur bisa berawal dari kaki yang menyebar ke pangkal paha atau selangkangan.

Perlu diketahui bahwa fungi sangat mudah tumbuh dan berkembang pada bagian tubuh yang hangat dan lembab, seperti pangkal paha atau selangkangan, paha bagian dalam dan bokong, serta pada kondisi lingkungan yang lembab seperti di antara handuk yang kotor, pakaian penuh keringat, dan lantai yang basah.
Ada beberapa faktor penyebab terjangkitnya penyakit gatal selangkangan atau pangkal paha (tinea cruris) ini, diantaranya :
  •  Terlalu banyak dan sering berkeringat.
  •  Karena faktor penyakit kulit lain.
  • Kelebihan berat badan atau kegemukan/obesitas.
  • Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki lemah.
  •  Celana dalam yang kotor dan tidak bisa menyerap keringat
  •  Memakai alat bantu atletik yang tidak dicuci setelah digunakan.

Pengobatan gatal pangkal paha atau selangkangan (tinea cruris)

Jangan khawatir jika anda terjangkit gatal pangkal paha atau selangkangan (tinea cruris) karena kini banyak obat-obatan yang dijual bebas di toko-toko obat atau apotik yang bagus untuk menghilangkan gatal dan ruam. seperti salep gatal selangkangan, bedak, lotion anti jamur dan obat semprot. Dan agar gejala tinea cruris ini tidak muncul lagi maka sebaiknya lakukan pengobatan dua kali dalam sehari selama kurang lebih sepuluh hari.

Jika pengobatan yang anda lakukan dengan obat-obatan bebas seperti di atas tidak bisa mengatasi penyakit tersebut atau penyakit tinea cruris yang anda derita sudah sangat parah, sebaiknya segera datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan obat resep. Obat-obatan resep biasanya meliputi salep gatal selangkangan atau krim anti jamur yang lebih kuat, atau bahkan mungkin anda akan diberikan obat antijamur yang dikonsumsi.

 Merk Salep Gatal Selangkangan di Apotik

Berikut ini kami rekomendasikan salap selangkangan gatal yang bagus
1.  Scabimite 
Salep Scabimite adalah nama obat gatal kulit di apotik. Scabimite hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja, dengan mengoleskannya secara merata pada seluruh permukaan kulit, terutama pada bagian lipatan-lipatan tubuh. Adapun Lama pemakaiannya adalah 8-12 jam, sehingga dianjurkan untuk melakukan pengolesan pada malam hari agar dapat dicuci pagi besok harinya.
2.  Elocon Salep Gatal Selangkangan anak 2 tahun dan dewasa
Elocon ada dalam bentuk krim, salep, dan lotion yang berguna untuk menghulangkan rasa gatal pada kulit, peradangan yang diakibatkan oleh eksim, alergi, dermatitis, serta ruam kulit. Glukokortikosteroid (GCS) pada Elocon berfungsi untuk mengobati kulit yang meradang dan gatal-gatal serta kondisi yang berhubungan dengan hiperkeratosis pada orang dewasa dan anak diatas 2 tahun

3. Miconazole
Miconazole ialah nama obat gatal kulit di apotek yang berguna untuk mengatasi infeksi jamur pada bagian tubuh seperti kulit, vagina, dan mulut, selain itu miconazole juga bisa digunakan mengobati infeksi jamur pd  kuku dan infeksi pada bagian bokong bayi akibat pemakaian popok. Ini Miconazole digunakan selama satu sampai dua minggu, sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter. Bila gatal pada kulit telah reda, sebaiknya obat ini tetap digunakan selama beberapa hari suapa sembuh total.
Namun anda harus waspada penggunaan obat-obatan yang mengandung bahan kimia dalam jangka waktu yang panjang karena pasti ada efek samping yang akan merugikan diri anda. Nah jika anda ingin terhindar dari efek samping obat-obatan tersebut alangkah baiknya jika menggunakan obat herbal untuk mengatasi masalah gatal pada pangkal paha atau selangkangan. 

Dewasa ini, anda akan mudah menemukan obat gatal yang berbahan herbal di jual di pasaran atau toko-toko obat herbal, baik yang berbentuk salep gatal selangkangan atau obat untuk di konsumsi. Namun tentu saja anda harus hati-hati dalam membeli dan pastikan anda membeli obat gatal herbal yang sudah teregistrasi di badan POM.

Tips Mencegah agar tidak terjangkit gatal pangkal paha atau selangkangan (tinea cruris)

Beberapa tips berikut ini mungkin dapat membantu anda agar tidak terjangkit penyakit ini, diantaranya :
  • Pada saat cuaca sedang panas dan lembab, usahakan jangan menggunakan pakaian yang tebal atau ketat dalam rentang waktu yang lama.
  •  Segera atasi penyakit kulit lain yang anda derita, seperti kutu air, agar tidak menyebar ke pangkal paha atau selangkangan.
  • Setiap kali anda selesai olah raga atau mandi, sebaiknya keringkan paha bagian dalam dan alat kelamin dengan menggunakan handuk yang bersih. Selain itu untuk mencegah kondisi lembab yang berlebihan, taburkan bedak di sekitar pangkal paha.
  •  Jangan memakai pakaian, atau peralatan pribadi, seperti handuk, baju, celana dan lain-lain secara bersama-sama.
  •  Cucilah pakaian yang sudah dipakai berolahraga atau pakaian yang sudah bau keringat setelah digunakan untuk mencegah berkembangnya jamur dan sebaiknya selalu gunakan pakaian yang bersih.
  • Sering-seringlah mengganti celana dalam yang digunakan jika anda berkeringat lebih banyak atau setidaknya dua kali dalam sehari.
  •  Sebaiknya hindari memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama dalam memakai celana dalam, dan pakaian olahraga agar kulit tidak tergesek yang berakibat lecet. Karena lecet dapat menyebabkan resiko lebih tinggi terkena tinea cruris.
  • Dan sangat dianjurkan untuk memakai celana pendek boxer dibandingkan celana dalam yang ketat. Sebaiknya hindari pemakaian pakaian dengan serat sintetis.
  • Dan hindari makanan yang mengandung banyak ragi dan alkohol.
Demikian pembahasan artikel dengan tema salep gatal selangkangan dari obatgatal2.com
 Semoga artikel ini memberikan sedikit pencerahan terutama dalam menjaga kesehatan kulit anda karena menjaga lebih baik dari pada mengobati.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: