Selasa, 13 September 2016

Nama Obat Gatal Alergi Bentol Kulit Alergi Udara Dingin Dan Makanan

Baca lagi:
Obat gatal alergi – Tidak sedikit orang yang mengalami bentol di kulit dan terasa gatal ketika mereka berada pada cuaca yang dingin atau ketika mereka habis makan makanan tertentu. Ya, selain gatal karena alergi makanan, gatal bisa muncul karena adanya alergi udara dingin. Jenis Alergi udara dingin bisa muncul karena adanya reaksi pada kulit sebab ada bahan pemicu alergi atau kerap yang disebut sebagai allergen mulai dari serbuk sari, bulu binatang atau benda lainnya. Hal ini menandakan bahwa tubuh anda memiliki sistem kekebalan yang cukup sensitif. Saat tubuh mengidentifikasi adanya benda asing yang menempel di kulit dan benar-benar kecil sampai-sampai tak terlihat serta dianggap berbahaya, maka kulit akan bereaksi dengan tenaga yang lebih besar dan berlebihan. Sehingga, hasil akhirnya adalah anda merasa gatal disertai bentol-bentol di bagian kulit.

Berbeda dengan gatal karena alergi makanan yang terjadi setelah anda mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa terjadi dalam hitungan jam setelahnya, alergi dingin muncul karena anda berada di tempat yang begitu dingin sehingga terjadi perubahan suhu seperti cahaya, mekanik atau lainnya. Karena cuaca bisa merangsang kulit, biasanya ditandai dengan adanya tekanan di bagian tertentu. Misalnya, anda mungkin merasa gatal di bagian ikat pinggang, telapak kaki atau di pakaian dalam. Gejalanya bahwa anda alergi cuaca dingin adalah adanya rangsangan mekanik yang memicu timbulnya kemerahan yang begitu gatal. Selain kemerahan, kulit tampak bentol-bentol terutama di bagian yang terkena hawa dingin saja atau bahkan hingga ke seluruh tubuh. Anda mungkin ingin segera mencari obat gatal alergi, padahal masalahnya adalah bahwa suhu dinginlah yang memicu pelepasan bahan kimia dalam tubuh yang disebut histamine terutama dari sel Mast.

Nama Obat Gatal Alergi Bentol Kulit Alergi Udara Dingin Dan Makanan

Obat gatal alergi yang tepat untuk masalah alergi dingin adalah dengan menggunakan obat dari golongan antihistamin. Untuk keadaan akut, jenis obat lainnya selain histamine adalah steroid. Hindari gejala memburuk dengan tidak melakukan kontak langsung seperti dengan air dingin atau udara dingin.

Nama Obat Gatal Alergi Bentol Kulit Alergi Udara Dingin Dan Makanan

 Mrek Obat Gatal Alergi Kuli

Berikut informasi lengkap tentang obat gatal alergi yang bisa digunakan untuk anda yang sering mengalami alergi dingin atau alergi terhadap makanan tertentu.

1. Cetirizine (Pil Antihistamin)
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa antihistamin atau obat jenis steroid adalah pilihan tepat untuk obat gatal alergi. Untuk obat yang satu ini, anda bisa mengkonsumsinya sebagai obat pil yang dapat bekerja untuk mengurangi kadar histamine yang ada pada tubuh. Saat tubuh memiliki kadar histamine yang cukup tinggi, maka sistem kekebalan tubu akan melemah dan disinilah muncul reaksi alergi. Obat ini sangat direkomendasikan terutama untuk mengatasi alergi karena alergi dingin, reaksi kimia atau karena alergi makanan.
Namun, perlu diingat bahwa anda sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini saat hendak berkendara. Anda juga tidak boleh mengkonsumsi alkohol atau minuman bersoda setelah meminum obat ini. Bahkan, obat ini mengandung zat penyebab tidur dan dapat menyebabkan kantuk. Sehingga, obat ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dan anda harus beristirahat dari segala aktifitas anda.

Cara penggunaannya adalah dengan meminum obat gatal alergi ini sesuai dengan dosis pakai atau anjuran dokter baik sebelum atau setelah makan.

Efek sampingnya adalah sulit bernafas, gatal-gatal, bengkak di bagian tenggorokan dan lidah, denyut jantung meningkat, air seni lebih sedikit, merasa gemetar, pusing, sakit kepala, mual, sembelit dan mulut kering.

2. Larutan baking soda
Cara berikut bisa anda coba sebagai obat untuk mengatasi alergi kulit karena dingin dan makanan. Cara ini snagat dianjurkan terutama jika anda memiliki masalah alergi yang bahkan bisa menyebar sampai seluruh bagian tubuh.

Caranya:
Buat larutan baking soda dengan menambahkan 1 cangkir atau 3 sendok baking soda dalam bak mandi yang sudah ada air hangatnya. Aduk sampai uap baking soda tampak keluar selama beberapa menit dan kemudian gunakan air ini untuk anda berendam. Cara ini bisa membantu mengurangi rasa gatal dan dapat meringankan bengkak atau bentol karena alergi.

3. Oat meal
Bukan hanya baking soda loh yang bisa anda gunakan sebagai obat untuk masalah gatal karena alergi. Oatmeal bisa menjadi alternatif selanjutnya. Hal ini disebabkan kandungan vitamin E yang cukup tinggi didalamnya disertai serat khusus pada kulit yang dapat membantu meringankan sensasi gatal. Tetapi, cara ini hanya efektif untuk alergi, tidak dianjurkan untuk gatal karena luka terbuka atau infeksi.

Caranya:
Siapkan beberapa sendok oatmeal dan campur dengan air hangat. Caranya sama seperti cara sebelumnya, jadi anda menggunakan campuran oatmeal dan air hangat dalam bak mandi untuk anda berendam.

4. Masker daun kemangi
Untuk gatal karena alergi, cara selanjutnya sebagai obat gatal alergi adalah menggunakan daun kemangi. Daun kemangi yang harus digunakan adalah yang masih segar. Tentu tidak sulit mencari daun kemangi yang masih segar dengan aromanya yang masih menyengat. Daun kemangi bisa digunakan untuk meringankan rasa gatal pada kulit karena alergi sebab kandungan minyak esensial didalamnya termasuk eugenol yang dapat meringankan rasa gatal tanpa membuat anda merasa tidak nyaman.

Caranya:
Rebus 100 gram daun kemangi sampai mendidih. Panci harus dalam keadaan tertutup supaya kandungan senyawa esensial terutama eugenol tidak hilang dan menguap. Diamkan supaya air menjadi dingin. Celupkan kasa atau kain yang lembut dan bersih dalam air kemangi. Peras, lalu tempelkan di kulit yang dirasa gatal. Cara ini harus dilakukan secara rutin sampai rasa gatal benar-benar hilang dan supaya alergi bisa cepat sembuh.


5. Gel lidah buaya
Jika anda tidak ingin bingung mencari nama obat gatal alergi di apotik, anda bisa memanfaatkan khasiat gel lidah buaya. Lidah buaya dapat menyembuhkan reaksi gatal yang menyerang karena alergi yang anda alami. Gel lidah buaya tidak hanya berfungsi untuk meredakan luka bakar, tetapi kandungan minyak alami, flavonoid dan vitamin E didalamnya juga dapat bekerja untuk meringankan gejala gatal secara cepat.

Caranya:
Ambil lidah buaya yang masih segar dan pisahkan kulit serta gelnya. Gunakan gelnya untuk dicuci beberapa kali supaya getahnya luntur. Hancurkan dan gosokkan gel di bagian kulit yang terasa gatal.

6. Cuka sari apel
Obat selanjutnya yang aman untuk gatal karena alergi adalah cuka sari apel, terutama jika anda mengalami alergi dengan rasa gatal yang menyebar dan tampak parah sampai ke seluruh kulit tubuh.

Caranya:
Ambil beberapa sendok cuka sari apel dan campurkan air untuk digunakan mandi. Gunakan air hangat atau air biasa untuk mandi tapi khasiatnya akan jauh lebih terasa jika menggunakan air hangat. Campuran bahan tadi digunakan untuk mandi atau berendam dalam beberapa saat. Air hangat digunakan untuk bilasan dan keringkan tubuh dengan handuk yang kering dan lembut. Untuk alergi yang ringan dan kecil, gunakan kapas yang dicelup ke campuran air hangat dan cuka sari apel, lalu gosok lembut.

Itulah informasi tentang nama obat gatal alergi dengan kulit bentol karena alergi udara dingin dan makanan dari kami obatgatal2.com.

Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: