Senin, 05 September 2016

Macam macam Penyakit Kulit Serta Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Baca lagi:
Macam macam penyakit kulit bisanya akan sangat mudah ditemui pada sebuah keadaan lingkungan yang kurang bersih, kumuh dan cenderung padat. Pada lingkungan pasca banjir misalnya, akan dengan sangat mudah berbagai penyakit kulit hadir dan menular kepada lingkungan sekitarnya.

Macam macam Penyakit Kulit Serta Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Akan tetapi, bukan hanya pada lingkungan pasca bencana saja macam macam penyakit kulit mudah ditemui. Nyatanya pada lingkungan yang mendiami sekitar genangan air—seperti yang banyak terjadi di kota-kota besar yang bendungan airnya dipakai menjadi tempat tinggal—pun menjadi sarang yang paling strategis dengan penularan penyakit kulit. Dan hal ini tentu saja menjadi bukti bahwa semua orang berperan penting dalam pencegahan peyakit kulit.

Macam Macam Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Jenis2 penyakit kulit ini akan dijelaskan penyebab dan gejal diakhir artikel akan kita bahas cara menghindari penyakit kulit ini. Nah yuk kita lihat macam macam penyakit kulit dan gambarnya.

1. Cacar Air
Macam macam penyakit kulit yang pertama adalah cacar air. Banyak yang bilang bahwa cacar air pasti dan hanya dialami sekali selama seumur hidup. Namun hingga saat ini belum ada kajian ilmiah yang membuktikan hal demikian.

Macam macam Penyakit Kulit Serta Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Cacar air disebabkan oleh virus yang biasanya menyerang ketika kondisi tubuh seseorang sedang dalam keadaan lemah atau kondisi kesehatan yang menurun. Ditambah dengan fakta bahwa virusnya menular, maka cacar air ini akan dengan mudahnya menular pada yang kondisi tubuhnya lemah baik lewat udara maupun benda yang sama yang dipakai dengan penderita. Dan terjadinya penularan ini bisa berlangsung berkali-kali jika saja tidak menjaga imunitas tubuh. 

Jadi bukan berarti yang sudah pernah cacar air maka tidak akan tertular oleh penyakit yang ditandai dengan demam dan bintik-bintik merah yang kemudian mengembang menjadi bengkak dan benjolan berisi air di kulit ini. Siapa pun bisa terserang cacar air lebih dari satu kali selama seumur hidupnya. Dan soal penularan, bagi yang tidak menjaga kondisi tubuh, selain cacar air, macam macam penyakit kulit lainnya pun akan lebih mudah menyerang kapan saja. Oleh karena itu senantiasalah jaga kondisi tubuh agar tetap dalam keadaan bugar.

2. Eksim
Macam macam Penyakit Kulit dan Cara MencegahnyaPenyakit kulit lainnya yang biasa menyerang adalah eksim. Salah satu dari macam macam penyakit kulit yang menyerang bagian kulit tertentu sehingga mengakibatkan kulit menjadi terlihat bersisik ini mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa pada kulit.

Selain itu penyakit kulit eksim pun memproses cairan yang akan menambah rasa gatal setelah digaruk hingga luka. Oleh karena itu penderita eksim sangat tidak dianjurkan untuk menggaruk kulitnya yang terkena eksim. Langkah lebih baik untuk yang mengalami eksim adalah dengan menggunakan air hangat untuk merendam atau mengompres kulit yang gatal sebagai penggati kegiatan menggaruk. Langkah berikutnya tentu saja dengan mengonsumsi obat tertentu yang biasa digunakan untuk mengobati rasa gatal termasuk eksim.
Selain diobati, ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita eksim seperti pindang ikan, daging ayam atau makanan lainnya yang akan memperparah rasa gatal dan borok jika dikonsumsi. Oleh karena itu sebaiknya lebih berhati-hati dan segerakan konsultasi ke dokter untuk masalah eksim dan macam macam penyakit kulit lainnya.

3. Kurap
Macam macam Penyakit Kulit Serta Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya
Kurap memang tergolong salah satu dari macam macam penyakit kulit yang ringan, namun tetap saja jika dibiarkan akan sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Kurap ditandai dengan timbulnya lingkaran kasar pada kulit kemudian disusul rasa gatal yang sangat mengganggu dan cenderung sulit untuk disembuhkan bahkan dengan menggaruknya sekalipun.
Penyakit kurap ini muncul karena jamur yang berkembang biak di kulit terutama pada bagian kulit yang lembab dan kotor. Kurap juga bisa menular melalui pemakaian sabun batang atau pakaian secara bersamaan. Oleh karena itu tidak disarankan menggunakan peralatan mandi terutama sabun batang dan handuk serta pakaian yang sama dengan penderita kurap jika tidak mau tertular dengan cepat.
Obat penyakit kurap biasanya cukup ringan baik melalui obat-obatan tradisional maupun dengan mengoleskan krim atau salep anti kurap dan macam macam penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur lainnya di apotek terdekat.

4. Panu
Panu tidak berbeda jauh dengan kurap. Baik dari penyebabnya, akibatnya dan cara penularannya pun persis sama. Hanya saja panu biasanya menyerang bagian tubuh pundak, leher atau punggung dengan munculnya bercak-bercak putih yang amat sangat gatal dan dengan mudahnya menjadi banyak dan menyebar di berbagai bagian kulit lainnya.

Adapun pengobatan panu persis sama dengan pengobatan kurap, yakni bisa melalui obat-obatan tradisional yang diramu sendiri (akan dijelaskan di bawah lebih rinci tentang apa saja yang bisa digunakan untuk menjadi obat panu) maupun dengan mengoleskan salep anti panu dan anti jamur pada kulit.

Macam Macam Penyakit Kulit, Pencegahan serta Pengobatannya secara Tradisional


Setelah mengetahui apa saja macam macam penyakit kulit yang sering menyerang seseorang dan gejalanya, maka kini tentu saja kita beranjak pada cara pencegahan dan pengobatannya.

 Cara Mencegah Penyakit Kulit

 Adapun beberapa cara mencegah berbagai penyakit kulit adalah sebagai berikut:

1. Jaga Kebersihan Tubuh dan Pakaian
Menjaga kebersihan tubuh dan pakaian sangat penting karena salah satu sebab utama timbulnya penyakit kulit adalah karena adanya bagian kulit kita yang kotor sehingga sangat memungkinkan untuk jamur berkembang biak.
Cara menjaga kebersihan tubuh yang paling mudah tentu saja dengan mandi minimal dua kali dalam sehari dengan menggunakan sabun. Usahakan agar tubuh tidak sering dalam keadaan lembab terlalu lama. Misalnya dalam keadaan berkeringat, jangan biarkan tubuh berkeringat terlalu lama apalagi hingga mengendap seharian. Setelah reda dari capai segeralah mandi untuk menjaga kebersihan tubuh.
Selain itu kebersihan pakaian pun akan sangat berpengaruh. Pastikan keadaan pakaian yang dipakai bersih dan tidak memberi kesempatan kepada kuman untuk berpindah dengan cepat dari pakaian kepada tubuh kita.

2. Jaga Daya Tahan Tubuh
Sebagaimana diungkapkan bahwa ada beberapa penyakit kulit yang timbul akibat virus seperti halnya cacar air. Oleh karena itu senantiasalah menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena virus-virus yang mengintai di sekitar.

3. Tidak Ada Salahnya Gunakan Obat Tradisional
Cukup banyak obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kulit. Untuk kurap dan panu, misalnya, jahe yang ditumbuk kemudian ditempelkan pada kulit yang berpanu atau berkurap akan sangat efektif membunuh jamur dan menimbulkan rasa hangat.

Selain itu ada air perasan lemon dan minyak kelapa yang akan menimbulkan efek mengagumkan untuk mengatasi penyakit kulit karena selain membunuh kuman dan bakteri, keduanya senantiasa menjaga keremajaan kulit. Bahan lainnya yang mudah didapat di sekitar rumah adalah getah lidah buaya, tumbukan atau parut kunyit dan petai cina, hingga tanah liat bisa cukup diandalkan sebagai obat tradisional untuk mengobati macam macam penyakit kulit ringan dan contohnya diatas  tadi .Sekian dulu penjelasan dari www.obatgatal2.com. Jangan lupa share ya
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: