Senin, 19 September 2016

Mengetahui Pengertian, Macam, Bahaya Kista Dan Biaya Operasi Kista Kesehatan

Baca lagi:
Penyakit yang bernama kista umumnya adalah penyakit yang dianggap berbahaya bagi kaum wanita, namun anggapan itu sebenarnya tidak seluruhnya benar.Tingkat bahaya penyakit kista tergantung dari jenis-jenis penyakit kista yang sedang diderita.Artikel ini akan memberikan sebuah info kesehatan kepada pembaca tentang Pengertian, Macam, Bahaya Kista dan Biaya Operasi Kista.

Mengetahui Pengertian, Macam, Bahaya Kista Dan Biaya Operasi Kista

Dalam bahasan ini kita mulai mengenal definis kista.

Pengertian Penyakit Kista

Penyakit kista adalah sebuah jenis tumor jinak yang paling sering muncul dalam tubuh manusia.Biasanya berbentuknya kistik, berbentuk angguratau berisi cairan kental. Penyakit ini juga ada yang berisi nanah, udara, cairan, dsb.
Penyakit ini termasuk tumor jinak yang biasanya terbungkus selaput seperti sebuah jaringan.Sel-sel tumor yang berkumpulakanterpisah dengan jaringan normal yang ada di sekitarnya. Dan biasanya tidak dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Itulahyang menyebabkan tumor jinak bisanya mudah untuk diangkat dengan proses pembedahan, dan tidak akan membahayakan jiwaseseorang.
Mengetahui Pengertian, Macam, Bahaya Kista Dan Biaya Operasi Kista

Macam Penyakit Kista

Secara umum,penyakit kista dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu non neoplastik dan neoplastik.
Non neoplastic biasanya bersifat jinak dan untuk penyembuhannya tidak memeperlukan jalan operasi.Karena hanya dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan, benjolan yang munculakan mengempis dan menghilang dengan sendirinya.

Sedangkan pengertian neoplastik adalah jenis kista yang biasanya membutuhkan jalan operasi untuk penyembuhannya.Namun jalan operasi bukannlah jalan satu-satunya untuk menyembuhkan jenis neoplastic.Operasi dapat dijalankan berdasarkan pada ukuran serta sifat kistayang muncul pada seseorang.
Berikut ini adalah macam-macamjenis non neoplastic yang biasa menyerang seseorang, yaitu:

1. Kista folikuler
Kista Folikuler biasanya yang paling sering menyerang masyarakat.Jenis kista ini dapat muncul karena pada saat ovulasi (proses pelepasan sel telur dari indung telur masuk ke dalamrahim)sel telur tidak dilepaskan.Penyakit ini terkadang bisa menyebabkan rasa nyeri, hanya saja rasa nyeri tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan.
2. Kista korpus luteum
Tumor jinak ini muncul setelah ovarium melepaskan sel telur.Sel telur yang di hasilkan di daerah ovarium apabila tidak terjadi kehamilan akanmengakibatkan menghilangnya sebuah jaringan yang bernama korpus leteum.
3. Kista dermoid
Kista dermoid biasanya berisi jaringan tubuh, tulangseperti lemak, rambut, , gigi, dll. Kista dermoid merupakan sejenis tumor jinak yang biasanya menyerang wanita muda.
4. Kista cokelat (endometrioma)
Merupakan salah satu jenis kistayang diakibatkan karena di dalam ovarium muncul jaringan dalam rahim.Sehingga akan mengakibatkan terjebaknya darah menstruasi di dalam ovarium ketika siklus datang bulan terjadi. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri serta gangguan kesuburan pada beberapa wanita.
5. Cystadenoma
Cytadenoma adalah sejenis tumor yang berisi cairan berlendir dan biasannya berkembang dari jaringan ovarium.Bentuk tumor seperti ini biasanyadapat membesar dengan garis tengahnya bisa sampai ukuran12 inchi lebih.

Bahaya Penyakit Kista

Masyarkat khususnya para kaum wanita harus mengatahui bahaya apa saja yang akan timbul jika menyepelekan penyakit kista. Walaupun terkadang jenis penyakit yang selama ini dialami wanita adalah jenis tumor jinak yang dapat ditangani dengan mudah.

Seberapa bahayakah penyakit ini jika menyerang wanita?

Pertanyaan di atas adalah satu satu pertanyaan yang sering muncul di benak para kaum wanita tentang penyakit ini.Hal yang akan terjadi jika menyepelakan penyakit ini adalah munculnya komplikasi pada tubuh.Komplikasi yang biasanya akan muncul adalah terjadi kemandulan pada wanita muda, berisiko besar terkena tumor endometrial dankanker, dapat terserang diabetes,juga dapat terserang obesitas, tekanan darah yang akan meningkat, dan berisiko besar terkena kanker payudara.

Tentu saja tidak ada satupun wanita yang menginginkan resiko besar seperti komplikasi di atas.Agar dapat terhindar dari komplikasi akibat penyakit kista, maka sangat penting untuk mengetahui lebih awal tentang gejala-gejala penyakit ini.

Walaupun memang ada beberapa penyakit ini yang divonis sebagai tumor jinak, tetapi ada baiknya untuk segera memeriksakannya ke dokter ataupun klinik.Hal ini harus dilakukan agar seseorang dapat mengetahui dengan pasti apakah penyakit yang dideritanya sudah hilang 100% atau malah sebaliknya.Penyakit yang sedang dideritannya tersebut masih berkembang menjadi tumor ganas yang dapat membahayakan jiwa orang yang menderitanya.
Biasanya kemunculan penyakit kistadapat mempengaruhi siklus menstruasi seorang wanita.Hal ini disebabkan karena terganggunya system hormonal pada tubuh seseorang.Beberapa jenis penyakit ini juga dapat menyebabkan terjadinya kemandulan.
Kondisi seperti ini (mandul)dapat menganggu wanita secara psikologis.Wanita yang belum pernah memiliki anak akan merasa sangat tertekan dan hal tersebut dapat menganggu kondisi kejiwaanya. Sedangkan resiko bagi wanita yang telah memiliki keturunan adalah menurunnya tingkat kualitas seksual setelah melakukan operasi.
Rata-rata wanita berusia sekitar 20-30 tahun lebih rentan terserang penyakit kista. Dalam usia ini biasanya follicles yang tidak matang serta ketidakmampuan tubuh seseorang untuk menyalurkan sel telur (proses ovulasi) dapat menjadi penyebab rendahnya jumlah hormon stimulasi.

Biaya Operasi Kista

Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk dapat melakukan operasi pengangkatan kista?
Pertanyaan seperti di atas biasanya sering sekali ditanyakan oleh para penderita penyakit kista yang akan melakukan operasi. Pada umumyabesar nominal biaya yang harus dikeluarandapat bermacam-macam.Hal itu tergantung peralatan medis yang ada dan rumah sakit yang dimiliki oleh sebuah instansi kesehatan.
Rata-rata, total biaya operasi yang dikeluarkan oleh beberapa instansi adalah mulai dari Rp11.000.000,- sampai dengan Rp 20.000.000,-. Jumlah biaya tersebut tergantung jenis kista,level rumah sakit, serta kelas penanganan yang di ambil. Semakin baik kualitas rumah sakit yang dipilih, dan semakin bagus kelas penangan yang diambil, maka akan semakin menambah nominal biaya operasi yang harus dikeluarkan.
Selain proses operasi yang harus dilakukan, juga terdapat beberapa jenis obat yang harus ditebus setelah menjalani operasi pengangkatan tumor jinak ataupun tumor ganas. Bahkan di beberapa tempat, total biaya operasi yang harus dikeluarkan dapat dikategorikan fantastik.Hal tersebut dikarena proses sebelum dan sesudah operasi yang berbeda-beda, seperti:

1. Biaya operasi laparatomi dengan memilih kamar VIP adalah Rp 32.000.000.-
2. Biaya untuk melakukan test lab sebelum operasi kurang lebih sebesar Rp 5.000.000,-
3. Biaya konsultasi dengan dokter sebelum operasi mencapai Rp 750.000,-
Dari data yang sudah kami peroleh,dapat disimpulkan bahwa biaya operasi pengangkatan tumor jinak ataupun tumor ganasmemang berbeda-beda nominalnaya.Maka dari ituakanlebih baik dan bijak apabila penderita langsung menanyakannya langsung kepada rumah sakit yang sudah dipilih.Sehingga akhirnya penderita dapat mengetahui dengan pasti jumlah nominal biaya untuk operasi kista.

Hal tersebut dapat dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan lainnya.Kemungkinann lainnya itu adalah dapat bertambahnya jumlah nominal biaya operasi yang dikeluarkan. Karena di beberapa tempat, biaya operasi pengangkatan kista dapat mencapai total Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 10.000.000,-

Nah, semoga sedikit informasi dari www.obatgatal2.com tentang pengertian, macam, bahaya kista dan biaya operasi kista ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: