Senin, 05 September 2016

Cara Menghilangkan Keringat Buntet pada Bayi di Wajah Muka Dan di Punggung

Baca lagi:
Pernahkah anda mendengar tentang keringat buntet? Ini merupakan istilah untuk biang keringat yang bisa terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Namun bayi lebih rentan mengalami biang keringat karena berbagai hal. Salah satu penyebab yang sangat tinggi adalah karena kelenjar keringat pada bayi belum berfungsi dan berkembang dengan cukup baik.

Cara Menghilangkan Keringat Buntet pada Bayi di Wajah Muka Dan di Punggung


Keringat buntet atau biang keringat sendiri terdiri dari beberapa jenis disertai tanda-tanda yang bisa dikenali. Untuk kasus biang keringat yang paling ringan adalah adanya biltil-bintil berisi cairan jernih yang mudah pecah dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Ia juga tidak menimbulkan rasa gatal maupun perih. Sedangkan pada kasus biang keringat yang paling parah adalah adanya bintil-bintil berwarna merah disertai nanah. Ia menimbulkan sensasi gatal dan sakit. Bahkan kulit mengalami peradangan dan ruam parah.Sebelum ke pokok bahasan kita kenali dulu sebab keringat buntet baik pada anak bayi dan juga orang dewasa.
Cara Menghilangkan Keringat Buntet pada Bayi di Wajah Muka Dan di Punggung

Penyebab keringat buntet

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai biang keringat, ada baiknya jika kita mengetahui penyebabnya sehingga lebih mudah dalam melakukan tindakan pencegahan dan pengobatannya. Berikut beberapa penyebab biang keringat yang seringkali terjadi pada bayi:

Penyumbatan pada kelenjar keringat
Penyumbatan pada kelenjar keringat ataupun pori-pori kulit bayi memang sangat rentan terjadi. Hal ini karena kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan baik. Maka sel-sel kulit mati yang menyumbat pori bisa membuat keringat terjebak dan menyebabkan bintil-bintil yang menimbulkan rasa gatal dan perih.

Buruknya ventilasi udara
Ventilasi udara yang buruk bisa memicu bayi untuk berkeringat sehingga kulit bayi bisa terlalu lembab dan muncullah keringat buntet. Terutama di daerah-daerah yang memiliki iklim panas atau kelembaban yang tinggi maka ventilasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan agar bisa mencegah keringat buntet.

Kurang terjaganya kebersihan bayi
Kebersihan bayi juga bisa sangat menentukan dan bisa menjadi penyebab timbulnya biang keringat. Misalnya saja bayi dibiarkan ketika pakaiannya sudah basah terkena keringat. Pakaian yang basah karena keringat tentu saja tidak sehat dan bisa menginfeksi kulit. Selain itu, menidurkan bayi diatas karpet tanpa alas tambahan juga bisa menimbulkan keringat buntet karena permukaan bahan karpet biasanya menyimpan banyak debu yang bisa menutupi pori-pori kulit bayi.

Dehidrasi
Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab timbulnya biang keringat. Bayi yang mengalami dehidrasi biasanya tubuhnya akan terasa lebih panas atau gerah. Hal tersebut memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat dalam jumlah yang banyak untuk menstabilkan suhu tubuh. Saat keringat diproduksi secara berlebihan maka bisa terjadi penyumbatan dan timbullah biang keringat. Untuk itu, jagalah agar bayi senantiasa terhidrasi dengan baik dengan pemberian minum atau asi yang cukup.

Cara Menghilangkan Keringat Buntet Pada Bayi Di Wajah Muka Dan Di Punggung

Keringat buntet memiliki istilah medis yaitu Miliaria. Bagian kulit pada tubuh yang sering terkena adalah leher, lipatan ketiak, wajah, punggung, serta perut. Untuk menghilangkan biang keringat dengan lebih cepat bisa dilakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Lotion calamin
    Cara dan Tips Menghilangkan Keringat Buntet pada orang dewasa dan anak pertama Lotion calamin memiliki efek yang baik untuk mengurangi gatal pada kulit serta membantu menghilangkan keringat buntet. Untuk bayi sebaiknya hindari lotion calamin yang mengandung menthol atau alkohol agar tidak terasa panas dikulit. Lotion ini bisa dioleskan pada bagian kulit yang teriritasi oleh biang keringat.
  2.  Pakaian tipis
    Cara Menghilangkan Keringat Buntet di punggung tanpa obat kedua yaitu gunkan pakain yang tipis. Untuk mencegah dan mengatasi biang keringat sebaiknya pilihkan pakaian yang tipis dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Dengan begitu, bayi bisa terhindari dari penyumbatan pori-pori yang mengakibatkan biang keringat muncul. Selain itu, bahan pakaian yang mudah menyerap keringat akan mampu membuat keringat menguap dengan baik dan tidak bertumbpuk pada kulit.
  3. Bedak tabur
    Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Wajah ketiga bsia menggunakan   Bedak tabur. Ini juga bisa digunakan untuk mengatasi keringat buntet. Bedak tabur berfungsi untuk menyerap keringat berlebih dan mencegah terjadinya infeksi yang dikarenakan kondisi kulit yang terlalu lembab karena keringat. Pilihlah bedak tabur khusus bayi yang memiliki kandungan alami dan tidak mengiritasi. Sebaiknya hindari jenis bedak krim atau bedak kocok karena akan terlalu menempel dikulit dan malah bisa menyumbat pori sebagai jalan keluar keringat yang utama.
  4. Hindari model pakaian ketat
    Banyak ibu yang kurang mengerti dengan kondisi bayi dan memakaikan pakaian yang sesuai dengan keinginannya. Seperti misalnya memakaikan legging pada bayi agar terlihat trendy. Padahal pakaian ketat sebenarnya bisa menghalangi kulit bayi untuk dapat memproduksi keringat dengan baik. Lebih baik untuk memilih pakaian yang longgar untuk sehingga bisa mencegah timbulnya keringat buntet. Memakaikan pakaian lembut dan longgar juga sangat diwajibkan ketika kulit bayi dihinggapi biang keringat agar proses penyembuhannya bisa lebih cepat.
  5.  Perbaiki ventilasi ruangan
    Ventilasi yang buruk seringkali menyebabkan sirlulasi udara dan suhu disuatu ruangan menjadi tidak bersahabat terutama pada bayi yang notabennya memiliki kulit yang masih sensitif. Maka dari itu, sebaiknya ventilasi ruangan yang digunakan bayi diperbaiki karena bisa jadi itu adalah faktor penyebab timbulnya biang keringat pada bayi.
  6.  Gunakan waslap untuk membasuh
    Cara Menghilangkan Keringat biang keringat dengan waslap .Jika bayi berkeringat berlebihan sebaiknya segera lap wajah, punggung serta bagian tubuh lainnya yang berkeringat dengan waslap bersih dan basah untuk menyingkirkan keringat berlebih dan agar kulit bayi bisa kering. Setelah menggunakan waslap basah, kulit bisa dibiarkan sampai kering dengan sendirinya ataupun dilap menggunakan handuk kering yang lembut. Cara ini bisa meminimalisir keringat buntet agar tidak membuat kulit terlalu lembab yang bisa menjadi lahan yang baik untuk biang keringat berkembang dan menginfeksi kulit.
  7. Hindari lotion yang mengandung alkohol
    Seringkali ibu menggunakan berbagai macam lotion berharap untuk bisa menghilangkan biang keringat pada anak. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa lotion atau bedak kocok ada yang berisi kandungan alkohol. Sehingga tidak disarankan untuk digunakan pada bayi yang kulitnya masih sangat sensitif. Bahkan sangat tidak dianjurkan untuk mengoleskan lotion berbahan alkoho tersebut diarea wajah karena wajah adalah area yang lebih sensitif dibanding area kulit lainnya.
    Gunakan bedak dingin
  8. Cara Menghilangkan Keringat Buntet Di Muka  selanjutnya pakai bedak dingin. Perlu diketahui bahwa Bedak dingin baik untuk mengatasi biang keringat. Biasanya kita lebih mengenalnya dengan istilah bedak salicyl. Bedak ini memang memiliki efek mendinginkan sehingga nyaman untuk digunakan pada bayi yang mengalami keringat buntet. Salicyl juga aman untuk digunakan pada berbagai area kulit mulai dari wajah sampau punggung. Gunakan bedak salicyl terutama setelah bayi dimandikan dan kulitnya sudah kering.

Kapa harus ke dokter bayi yang kena keringat Buntet?

Miliaria atau biang keringat memang bukan penyakit yang mematikan dan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika kondisi kulit bayi semakin memburuk sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit terutama jika gejala sudah dibarengi dengan adanya demam tinggi 38 derajat. Jika setelah diobati sendiri selama empat hari biang keringat tak kunjung membaik, sangat disarankan untuk menghubungi dokter untuk mengetahui apakah itu merupakan keringat buntet atau gangguan kulit lainnya. 

Sekianlah artikel kesahatan tentang keringat buntet dari kami www.obatgatal2.com kami jika ingin mengenal berabagai macam penyakit kulit lainnya silahkan kunjungi kami karena akan kami bahas semua jenis penyakit kulit di sini.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: