Selasa, 13 September 2016

16 Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya Pada Anak Dan Dewasa

Baca lagi:
Jenis Jenis Penyakit Kulit memang bervariasi dan tergolong banyak, sehingga beberapa menunjukkan indikasi penyakit kulit yang berat atau ringan. Penyebabnya pun tidak sedikit mulai dari alergi, bakteri, jamur atau virus yang dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Umumnya, penyakit ini sering menyerang tubuh yang kurang bersih atau yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Penyakit kulit memang benar-benar menyiksa yang bahkan bisa sampai mengganggu aktifitas anda sehari-hari.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa

Berikut informasi tentang jenis jenis penyakit kulit dan contohnya sering sekali menyerang kulit  anda memiliki, kami sengaja mengangkat topik ini agar anda memilik wawasan dan pengetahuan lebih tentang masalah yang seringkali dianggap remeh ini.

Macam macam penyakit kulit dan gambarnya

1. Bisul
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Bisul muncul karena adanya infeksi bakteri yang disebut staphylococcus aureus. Ciri-cirinya cukup khas yaitu adanya benjolan besar dengan kulit tampak memerah dan didalamnya terdapat nanah. Bisul selalu muncul di bagian tubuh yang lembab seperti lipatan paha, ketiak, pantat, leher dan bahkan di kepala.

Faktor utama yang menyebabkan bisul adalah karena kebersihan diri kurang terjaga, adanya bahan kosmetik yang menyumbat pori-pori, pelemahan diabetes dan adanya luka yang menginfeksi. Untuk itu, anda harus menjaga kebersihan serta menjaga sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi banyak buah.

2. Kurap
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Kurap adalah penyakit kulit yang muncul karena jamur. Gejalanya yang khas adalah adaya lingkaran-lingkaran di bagian tubuh yang disertai bercak putih. Selain menimbulkan rasa gatal dan berair, penyakit kulit ini membuat bagian kulit tampak tebal.
Biasanya, kurap muncul di bagian kulit kepala atau tekuk leher karena kurang menjaga kebersihan.

3. Kudis
Macam-macam Penyakit Kulit Dan Gambarnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jenis jenis penyakit kulit di kaki dan lainnya selanjutnya adalah kudis yang muncul karena adanya serangan sarcoptes scanbie var hominis. Gejalanya adalah munculnya rasa gatal di kulit terutama saat malam hari. Masalah ini muncul di bagian sela-sela tangan, pinggang, ketiak, jari kaki atau bagian lainnya karena kurang menjaga kebersihan.

Kudis adalah penyakit kulit yang menular yang terjadi dari kontak tubuh baik secara sengaja atau tidak.

4. Jerawat
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jerawat adalah salah satu jenis jenis penyakit kulit di wajah yang umum dan lumrah terjadi pada kalangan dewasa. jerawat muncul karena adanya bakteri yang berkembang di pori-pori sehingga menimbulkan masalah jerawat.

Jerawat juga dapat tumbuh di tubuh. Masalah ini sebenarnya bisa dihindari jika anda rajin mencuci muka dan menjaga kebersihan.

5. Herpes
16 Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jenis Penyakit Kulit pada Dewasa yang ke-5 adalah Herpes. Herpes bisa disebabkan oleh dua hal yaitu infeksi bakteri atau infeksi virus. Jika disebabkan oleh virus, masih terbagi menjadi dua yaitu virus herpes simpleks atau HSV dan virus varicella zoster.





6. Campak
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Campak adalah jenis jenis penyakit kulit yang bisa menyerang kalangan dewasa dan anak-anak. Penyebabnya adalah virus sehingga termasuk dalam kategori penyakit menular. Gejala yang dialami adalah nafsu makan menjadi turun, bersin, pilek, demam, lesu dan adanya radang mata. Beberapa hari setelah gejala awal tampak, muncul ruam merah yang cukup gatal di bagian tubuh tertentu.

7. Cacar air
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jenis Penyakit Kulit pada anak salah satunya cacar. Cacar air juga disebabkan oleh virus. Cacar air yang muncul pada tubuh akan memberikan beberapa gejala seperti demam dan kemudian disusul bintik-bintik merah dengan benjolan berisi air yang bisa menyebar dengan cepat.
Saat cacar air tampak ada di kulit, sebaiknya hindari menggaruk bagian tersebut, sebab nantinya jika virus menghilang maka akan menimbulkan bekas. Perlahan namun pasti, bintik-bintik ini bisa kering. Jadi, pastikan terus mengkonsumsi vitamin seperti buah-buahan dan percepat proses penyembuhan dengan banyak istirahat.

8. Ketombe
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Mungkin terdengar aneh jika ada jenis jenis penyakit kulit seperti ketombe. Ya, penyakit ini seperti ketombe dengan gejala kulit tampak memerah, bersisik, gatal, bau dan berminyak. Diduga penyebabnya adalah seboroid yang bisa muncul di kulit kepala.





9. Panu
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Panu yang kerap menjadi masalah bagi banyak orang terjadi karena adanya infeksi jamur. Disebut panu jika muncul bercak putih dan terasa gatal ketika berkeringat. Bercak ini bisa berwarna putih, merah atau cokelat.
Munculnya panu di kulit tubuh adalah karena kurang menjaga kebersihan. Untuk itu, anda harus segera mengatasi panu supaya tidak cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya misalnya dengan menggunakan daun sirih dan dicampur kapur sirih untuk dioleskan di bagian panu tersebut. Atau, anda juga bisa menggunakan salep panu atau anti jamur yang bisa ditemukan dengan mudah di apotik.
10. Sariawan
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Sariawan tergolong sebagai jenis penyakit kulit. Sariawan bisa muncul karena adanya masalah pembengkakan di jaringan lunak. Selain menimbulkan rasa sakit pada bibir atau mulut, kulit tampak mengalami luka terbuka dan bisa menyerang kalangan anak-anak atau dewasa.




11. Kutil
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Penyakit kulit ini muncul karena adanya virus huma papillmavirus. Penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga bisa menular. Banyak orang yang merasa terganggu karena tampak muncul benjolan di bagian tertentu sehingga dapat membuat rasa percaya diri penderitanya menurun.


 

12. Impetigo
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jenis jenis penyakit kulit berikutnya adalah impetigo yang bisa muncul karena dua bakteri yaitu staphylococcus pyogenes dan juga staphylococcus aureus. Sehingga, penanganan dan perawatan yang dilakukan sangat bergantung pada bakteri apa yang menyerang. Untuk itu, dibutuhkan pemeriksaan medis terlebih dahulu untuk mengetahui nama bakterinya. Jenis penyakit ini juga menular dan bisa terjadi pada anak-anak, bayi yang baru lahir tetapi jarang menyerang orang dewasa. Biasnya bisa muncul di wajah, tangan atau leher tetapi bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu.

13. Eksim
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Eksim adalah salah satu jenis jenis penyakit kulit yang disertai rasa gatal pada kulit sehingga kulit tampak merah, bersisik, pecah-pecah serta terdapat gelembung-gelembung kecil yang didalamnya terdapat nanah atau air. Eksim bisa muncul di bagian telinga, lipatan paha, kaki dan juga tangan.

14. Psoriasis
Psoriasis adalah jenis penyakit kulit yang cukup sulit untuk didiagnosa. Walaupun penyakit ini tidak menular, tetapi akan tampak bercak merah atau sisik putih yang tebal dan terus menempel berlapis-lapis. Saat anda menggaruknya, maka sisik putihnya tampak rontok.

15. Melanoma
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Melanoma adalah jenis jenis penyakit kulit yang harus diwaspadai karena cukup berbaya dan memicu kanker kulit. Penyakit ini harus segera diatasi, atau kalau tidak malah dapat menyebabkan kematian.
Gejala awalnya adalah seperti tahi lalat yang terus berkembang. Tahi lalat menjadi membesar dan bahkan berubah warna atau mengalami peradangan.

Melanoma tergolong sebagai penyakit kanker kulit yang beresiko tinggi dan bisa membuat kulit tampak berubah secara tiba-tiba.

16. Seborrheic keratosis
Jenis-Jenis Penyakit Kulit Dan Gambar Contohnya  Pada Anak Dan Dewasa
Jenis jenis penyakit kulit yang tidak berbahaya adalah seborrheic keratosis, namun akan membuat anda merasa minder dan tidak percaya diri. Tentu saja, penyakit ini sedikit mirip dengan melanoma dalam hal penampakan, tetapi sebenarnya berbeda.



Itulah beberapa jenis jenis penyakit kulit dan Gambarnya yang bisa terjadi pada anak-anak dan dewasa. Saat muncul gangguan kulit, waspada dan segera konsultasi dengan dokter. Jangan meremehkan sebab tidak hanya mengganggu penampilan, penyakit kulit juga menandakan bahwa anda kurang menjaga kebersihan tubuh dan kebiasaan seperti ini akan memicu masalah kesehatan lainya. Semoga artike kesehatan kulit dari www.obatgatal2.com bermanfaat!
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: