Rabu, 14 September 2016

Tanda-Tanda Gejala Herpes Kulit pada Pria, Wanita dan Anak

Baca lagi:
Gejala Herpes Kulit. Pasti anda sering mendengar penyakit herpes bukan? Atau setidaknya anda pernah mendengar penyakit herpes ini. Yang pasti anda jangan sampai terkena penyakit kulit yang satu ini. Karena sekali saja terkena maka virus akan tetap ada dalam tubuh pada jaringan saraf walaupun sudah sembuh dan suatu saat virus tersebut dapat aktif kembali jika menerima rangsangan seperti daya tahan tubuh yang melemah disertai stress. Lalu apa sebenarnya herpes itu dan bagaimana gejala herpes yang dapat kita kenali?

Tanda-Tanda Gejala Herpes Kulit pada Pria, Wanita dan Anak

Berikut ini sedikit penjelasan tentang tanda tanda herpes kulit pada pria, wanita dan anak. Tentu saja jika anda ingin tahu tentang herpes secara lebih rinci anda bisa berkonsultasi ke dokter atau membaca-baca referesi yang lain, baik buku atau majalah.

Penyakit herpes dan gejalanya

Penyakit herpes sendiri kadang disebut dengan penyakit cacar yang diakibatkan oleh virus, yaitu suatu penyakit radang kulit. Gejala herpes ditandai dengan ruam merah dan pembentukan gelembung-gelembung berisi cairan dan biasanya terjadi secara berkelompok atau berderet pada bagian tertentu dari tubuh sipenderita. Herpes merupakan penyakit kulit yang memiliki karakter unik dan boleh dibilang bandel, karena sangat besar kemungkinan bagi seseorang yang pernah terkena penyakit ini akan mengalaminya kembali pada waktu tertentu dan dalam jangka waktu yang tidak tentu.

Pada umumnya tanda gejala herpes akan mudah dilihat oleh mata dan tanda-tandanya hampir sama pada setiap orang baik pria maupun wanita, pada dewasa atau anak-anak. Hanya saja pada wanita akan ada sedikit perbedaan tergantung dari jenis herpes yang menjangkitinya.

Tanda-Tanda Gejala Herpes Kulit pada Pria, Wanita dan Anak

Pembagian Herpes

Herpes terbagi menjadi dua jenis yaitu herpes zoster dan herpes simplex. Penyebab dari herpes zoster adalah virus vasilela zoster yang memiliki gejala khas yaitu munculnya gelembung-gelembung kecil biasanya di bagian punggung, timbul juga rasa nyeri dan jika gelebung itu pecah maka akan menimbulkan infeksi.

Herpes simplex juga disebabkan oleh virus yang dibedakan menjadi dua tipe yaitu HSV 1 atau herpes simplex virus 1 dan HSV 2 atau herpes simplex virus 2. HSV1 menyebabkan munculnya herpes labialis dan keratitis sedangkan HSV2 menyebabkan munculnya penyakit herpes genital atau herpes kelamin.
Herpes labialis akan menjangkiti bibir sehingga akan menimbulkan rasa panas dan gatal yang bisa ditularkan dengan kontak melalui sekresi pada area sekitar mulut. Sedangkan herpes keratitis adalah infeksi virus yang menyerang bagian kornea mata sehingga menimbulkan luka. Dan herpes genetalis atau herpes kelamin dapat menular melalui hubungan sex, gejalanya berupa gatal-gatal dan nyeri di daerah kemaluan.

Gejala herpes zoster

Herpes zoster tidak tergolong ke dalam penyakit menular seksual. Herpes zoster yang kadang juga disebut penyakit cacar api atau cacar ular disebabkan oleh virus varisela zoster. Virus ini merupakan virus yang sama sebagai penyebab penyakit cacar air. Pada umumnya seseorang yang terkena serangan penyakit herpes zoster diawali dari mengalami cacar air yang belum sembuh secara tuntas dan virusnya masih berada pada bagian dalam tubuh di dalam akar saraf dan sifatnya laten. Oleh sebab itu seseorang yang pernah terkena cacar air besar kemungkinan akan terserang panyakit herpes zoster.

Adapun gejala herpes zoster yang pertama akan dirasakan sipenderita adalah rasa sakit yang kadang juga bisa berupa sensasi terbakar. Kemudian, pada beberapa hari berikutnya akan timbul ruam menyerupai setengah lingkaran dan biasanya mengelilingi sisi kiri atau kanan tubuh, terutama pada bagian perut dan dada. Selanjutnya ruam tersebut akan membentuk luka yang melepuh dan berisi cairan dan terasa gatal serta dalam waktu tiga sampai lima hari akan menjadi koreng. 

Namun gejala herpes zoster juga bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Karena ada sebagian kecil yang mengalami rasa nyeri tanpa adanya ruam. Dan berikut gejala herpes zoster lain yang mungkin timbul dan menyertai gejala-gejala di atas yaitu demam dan menggigil, sakit kepala dan terasa nyeri di seluruh tubuh.
Pada umumnya penyakit herpes zoster tidak memabahayakan jiwa sipenderita, hanya saja akan menimbulkan rasa sakit yang parah. Oleh karena itu jika terkena gejal-gejalanya sebaiknya segera hubungi dokter agar segera dapat di tangani dengan baik dan tidak menimbulkan komplikasi.

Gejala Herpes Genital (Herpes Simplex)

Karena virus herpes simplex atau HSV bersifat laten atau dapat bersembunyi di dalam tubuh sehingga terkadang ketika menyerang tidak menimbulkan gejala. Virus ini bersembunyi di dalam sistem kekebalan tubuh manusia di dalam sel-sel saraf. Dan ketika kambuh maka virus tersebut dapat aktif kembali serta akan bergerak menyerang kulit melalui saraf sehingga akan menimbulkan luka baru. Sedangkan bagi yang baru pertama terinfeksi herpes kadang tidak menimbulkan adanya gejala sehingga mereka tidak tahu bahwa ia terinfeksi virus tersebut. 

Beberapa gejala herpes genital berikut mungkin dapat memberi gambaran yang lebih jelas tentang penyakit ini, yaitu :
  •  Munculnya luka yang terbuka dan terlihat warna merah tanpa ada sensasi rasa sakit, gatal, atau geli.
  •  Gejala herpes ini ada juga yang ditandai dengan sensasi rasa sakit, gatal, atau geli di sekitar daerah kelamin.
  •  Ada luka melepuh yang kemudian pecah dan terbuka di sekitar kelamin, paha, selangkangan, rektum, dan bokong.
  •  Muncul rasa sakit saat membuang air kecil.
  •  Ada rasa sakit dibagian punggung bawah.
  •  Gejala herpes ini juga biasanya muncul gejala flu, demam, hilang nafsu makan, dan kelelahan.
  • Pada wanita akan muncul luka terbuka atau melepuh pada leher rahim dan adanya cairan yang keluar dari vagina.Bila ingin mengobatinya maka silahkan lihat artikel Tanaman Obat Herpes Alami Tradisional Paling Ampuh Aman untuk Anak Bayi dan Ibu Hamil ini.

Pengobatan penyakit herpes

Cara mengobati penyakit herpes dapat dilakukan dengan menggunakan obat tradisional yang alami dan menggunakan obat medis yang di apotik baik yang di konsumsi atau yang dioleskan atau salep. Obat tersebut dapat membantu mengurangi luka semakin parah akibat penyakit herpes dan mengurangi gejala herpes. Selain itu obat tersebut ini dapat berfungsi dengan baik dalam mencegah penyakit herpes kambuh lagi. 

Dosis obat yang diberikan pada setiap penderita mungkin akan berbeda-beda tergantung dari jenis virus yang menjangkiti tubuh penderita. Obat antivirus asiklovir baik yang tablet untuk di minum atau salep untuk dioles dapat dipakai dalam pengobatan penyakit herpes bahkan obat tetes mata. Dalam rangka mencegah kambuhnya kembali penyakit ini maka para penderita yang sudah sembuh dianjurkan untuk segera meminum obat dan menggunkan salep serta obat tetes mata.

Tetapi yang paling penting ketika mendapati gejala herpes kulit atau melihat seseorang memiliki gejala herpes kulit adalah memberitahu dokter agar dapat teridentifikasi sedini mungkin sehingga pengobatan terhadap gejala herpes segera dapat dilakukan untuk kepentingan kesehatan penderita itu sendiri maupun kesehatan orang-orang disekitarnya guna mencegah penularan. Jika anda mengalami penyakit kulit lainnya dilain waktu jangan lupa lihat artikelnya di sini www.obatgatal2.com.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: