Kamis, 15 September 2016

Penyebab, Gejala Cacar Api, Monyet Gejala Cacar dan Cara Mengatasinya

Baca lagi:
Gejala cacar terkadang memang sulit untuk dikenali. Walaupun sulit dikenali namun di artikel ini kita akan membahas gejala cacar yang lebih mudah untuk diketahui dilihat dari gejalanya. Penyakit cacar ini akan sangat berbahaya apabila dialami oleh bayi maupun orang yang sudah lanjut usia sebab pada bayi daya tahan tubuhnya belum sempurna sedangkan pada orang yang sudah lanjut usia memiliki penurunan daya tahan tubuh.

Penyebab, Gejala Cacar Api, Monyet Gejala Cacar dan Cara Mengatasinya

Mengetahui gejala cacar sejak awal merupakan hal yang perlu dilakukan agar penyebaran atau penularannya dapat dicegah sejak dini. Sebab penyakit yang satu ini merupakan penuakit yang disebabkan oleh vrus dan penularannya sangat cepat. Penyakit cacar yang tidak segera diatasi akan menyebabkan luka dan dikhawatirkan akan menjadi infeksi serta meninggalkan bekas terutama di wajah.
Berbeda dengan cacar air, cacar api atau cacar monyet ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Cacar monyet ini biasanya berada di sekitar lubang hidung dan juga mulut. Karena itu kita harus dapat membedakan antara cacar air dengan cacar api.
Penyebab, Gejala Cacar Api, Monyet Gejala Cacar dan Cara Mengatasinya

Penyebab, Gejala Cacar Api, dan Cara untuk Mengatasinya

Sebelum kita mengetahui apa saja gejala cacar api atau bisa juga disebut cacar monyet maka tidak ada salahnya kita mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu agar kita dapat lebih waspada ketika mengetahuinya.

1. Penyebab Cacar Api

Seperti yang telah dsebutkan di atas, penyakit cacar air berbeda dengan penyakit cacar api. Jika cacar air disebabkan oleh virus, maka cacar api disebabkan oleh bakteri. Selain itu penyakit ini juga meinggalkan luka-luka serta cepat menular. Luka yang ditinggalkan biasanya berupa kerak yang kuning dan mengkilap. Berikut beberapa faktor penyebabnya.
a. Daya tahan tubuh lemah
Penyakit cacar api atau cacar monyet biasanya akan menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Karena itu kita harus selalu menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

b. Kebersihan yang kurang
Penyebab yang kedua yaitu kebersihan lingkungan yang kurang. Sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan diri sendiri.

2. Gejala Cacar Api

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini merupakan gejala yang terdapat pada penyakit cacar api yang dapat kita ketahui.
a. Pusing
Gejala pertama yang dirasakan yaitu pusing atau sakit kepala. Pusing yang dirasakan ini akan dialami oleh semua kalangan mura dari anak-anak maupun usia dewasa atau orang tua. Agar pusing tidak berkelanjutan dapat dilakukan dengan pertolongan pertama yaitu menggunakan obat herbal maupun obat sakit kepala yang ada diapotik.
b. Kulit terasa panas
Setelah mengalami sakit kepala atau pusing, gejala penyakit cacar api atau cacar monyet selanjutnya yaitu kulit akan terasa panas. Rasa panas pada kulit ini akan terasa terbakar. Hal ini akan membuat kita berada di tempat yang dingin atau sejuk.
Namun sebaiknya jangan ke tempat yang dingin atau sejuk sebab dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru. Cara mengatasinya dapat diberikan bedak dingin yang dapat digunakan untuk cacar api agar terasa lebih nyaman.
c. Ruam merah
Gejala berikutnya yaitu akan muncul rum merah pada kulit. Ruam merah tersebut di dalamnya terdapat gelembung yang berisi air apabila dipencet. Sebaiknya ruam merah yang berbentuk gelembung tersebut jangan dipencet sebab akibatnya dapat menimbulkan luka baru dan akan muncul gelembung baru yang ditularkan melalui cairan.
d. Menggigil
Setelah mengalami tiga gejala di atas biasanya yang dialami selanjutnya yaitu badan terasa menggigil. Jika sudah merasa kedinginan atau menggigil sebaiknya penanganan segera dilakukan dengan pertolongan pertama yaitu dapat dilakukan dengan berpindah tempat yang lebih hangat .
Atau dapat juga dilakukan dengan minum ramuan herbal misalnya dengan minum air jahe agar terasa hangat. Sebab rasa dingin yang menyebabkan menggigil apabila tidak cepat-cepat ditangani akan menyebabkan tubuh menjadi kaku sertasemua kuku dan tubuh menjadi membiru.
e. Suhu tubuh naik
Setelah merasa menggigil maka suhu tubuh biasanya akan naik. Jika temperatur pada tubuh naik sebaiknya memperbanyak istirahat agar kondisi tubuh semakin membaik. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin maupun dengan air yang hangat. Dapat juga dengan membeli obat penurun panas di apotik terdekat.
f. Tubuh terasa sakit
Ketika sedang sakit memang akan mengakibatkan rasa sakit di tubuh. Hal ini dikarenakan kita teralu banyak aktivitas dan kurang beristirahat. Kita dapat melakukan pemijatan yang ringan agar rasa sakit di tubuh dapat berkurang dan lebih rileks. Jika sedang mengalami cacar api, tubuh juga akan terasa sakit semua dari atas sampai ke bawah. Maka yang dibutuhkan hanyalah ha yang disebutkan di atas serta memperbanyak isirahat.

3. Cara mengatasi cacar api

Jika sudah mengetahui penyebab serta gejala cacar api maka berikut ini cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.
a. Kulit semangka
Cara alami mengatasi cacar api yang pertama yaitu menggunakan kulit buah semangka. Buah semangka selain dikonsumsi daging buahnya, kulit buahnya juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu untuk mengatasi cacar api. Cara membuat ramuan dari kulit semangka yaitu kita siapkan kulit semangka kemudian dihaluskan, dapat dilakukan dengan diparut maupun dengan diblender.
Setelah selesai, kulit semangka yang sudah dihaluskan tersebut ditempelkan pada tubuh yang terkena cacar api. Cara ini dapat dilakukan ketika malam hari selama seminggu.Selain akan terasa dingin, kulit buah semangka ini tidak akan menimbulkan bekas luka apabila sudah sembuh.
b. Air kelapa
Cara yang kedua untuk mengatasi penyakit cacar api yaitu dengan menggunakan air kelapa. Selain bermanfaat untuk menambah cairan dalam tubuh, air kelapa juga bermanfaat sebagai obat penyakit cacar api secara alami. Cara menggunakan air kelapa untuk obat alami yaitu dengan menyiapkan satu gelas air kelapa dan dicampur dengan madu sebanyak 3 sendok makan.
Atau dapat juga dilakukan dengan mengoleskan aoir kelapa muda pada kulit yang terkena cacar. Cara ini harus dilakukan dengan teratur agar luka cepat sembuh dan kering serta kondisi tubuh semakin membaik. 

Penyebab, Gejala Cacar Monyet Gejala Cacar dan Cara Pencegahannya

Pengertian, Cacar monyet adalah penyakit viral dengan induk semang asli pada monyet, namun penyakit ini sangat berpotensi sangat besar untuk menular ke manusia.

Kasus cacar monyet ini pertama kali dijumpai di laboratorium primata di Kopenhagen, Denmark padatahun 1958, ternyata penyakit ini sudah lama ditemukan dan kemudian di Zaire, Afrika Barat

Penyebab Cacar Monyet

Virus cacar monyet tidak dapat dibedakan dengan virus cacar manusia dan virus cacar sapi. Virus cacar monyet ini menimbulkan bercak bercak berwarna putih dan berukuran kecil. Embyo ayam yang terlular virus cacar monyet akan mati. Isolasi virus dapat pula dilakukan lewat inokulasi mencit. Penyebab utama yang bisa saya jelaskan jika tempatnya jorok dan saat itu ada luka/iritasi kulit, maka kuman
dapat masuk. Perlu Diketahui, istilah ini berbeda dengan monkeypox yang beberapa tahun lalu sempat menjangkiti Amerika, karena monkeypox disebabkan virus. Virus tersebut menyerang monyet dan ditularkan melalui binatang pengerat. Istilah medis untuk cacar monyet 'ala' Indonesia adalah impetigo bulosa/vesikobulosa.

Penularan Cacar Monyet 

Pada umumnya,penularan dari monyet ke manusia terjadi secara kontak langsung. tetapi bisa juga disebabkan oleh nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit. Berbeda dengan cacar manusia,daya tular cacar monyet ke manusia relatif sulit

Gejala Cacar Monyet

Pada manusia, kasus cacar monyet pada manusia sekilas sulit dibedakan dengan cacar manusia. Umumnya kebengkakan kelenjar limfe cervicalis dan inguinalis pada cacar monyet lebih besar dibandingkan dengan cacar manusia.
penderita cacar monyet umumnya mengalami demam, kadang kadang disertai sakit tenggorokan .

Pencegahan dan penularan Cacar Monyet

Tidak ada obat yang spesifik untuk cacar monyet.Pengobatannya hanya bersifat simpomatik.Penyakit akan sembuh sendiri dalam tempo 7-30 hari. Secara teknik, orang mempunyai kemungkinan besar tertular cacar monyet dapat diimunisasi menggunakan virus vaccinia. Vaksin ini juga efektif diberikan pada monyet

Pentingnya Mengetahui Gejala Cacar

Sangat penting mengetahui gejala penyakit cacar agar dapat dilakukan penanganan sejak dini. Penyakit cacar memang bukanlah penyakit yang berat namun penyakit ini memiliki resiko. Karena itu apabila cara untuk mengatasi penyakit cacar api yang telah disebutkan di atas tidak membuat perubahan sebaiknya segeralah pergi ke dokter.

Sebab terkadang suatu penyakit tidak hanya membutuhkan pengobatan alami saja namun juga membutuhkan pengobatan medis untuk mempercepat penyembuhan. Penanganan yang dilakukan juga akan lebih tepat.Demikian beberapa ulasan mengenai penyebab, gejala cacar, serta cara mengatasi penyakit cacar secara alami dari kami www.obatgatal2.com semoga dapat menjadi manfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: