Sabtu, 03 September 2016

Jenis dan Penyebab Gatal Gatal pada Kulit Badan serta Pengobatannya

Baca lagi:
Perasaan gatal gatal pada kulit sudah pasti tidak asing bagi setiap orang. Semua orang di dunia dari mulai lahir pasti sudah merasakan perasaan reflek tiba-tiba untuk menggaruk atau yang biasa kita sebut gatal. Akan tetapi, kadar gatal yang dirasakan oleh setiap orang tentu saja berbeda-beda. Ada yang hanya sekadar gatal dan sembuh seketika setelah menggaruk ringan, namun ada juga yang menderita rasa gatal yang hebat sehingga menimbulkan iritasi bahkan hingga harus memeriksakannya ke dokter karena perasaan gatal yang tak kunjung sembuh.

Jenis dan Penyebab Gatal Gatal pada Kulit Badan serta Pengobatannya

Kedua perbedaan gatal gatal pada kulit ini tentu saja disebabkan oleh dua hal berbeda pula. Yang menderita gatal ringan bisanya rasa gatalnya timbul hanya karena gigitan nyamuk atau serangga lainnya yang tidak berbahaya, yang bisa sembuh sendiri setelah digaruk atau diolesi minyak kayu putih. Namun bagi yang menderita gatal berkelanjutan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor dari mulai rasa gatal yang ringan akibat jamur hingga karena alergi.

Jenis dan Penyebab Gatal Gatal pada Kulit Badan serta Pengobatannya

Untuk mengetahui lebih lanjut, mari simak paparannya sebagai berikut.

Jenis Gatal Gatal Berdasarkan Penyebabnya


Secara umum ada dua jenis penyebab gatal gatal yang bisa dikelompokan, yakni rasa gatal dermatologi atau yang disebabkan oleh penyakit kulit akibat jamur dan rasa gatal yang ditimbulkan akibat kambuhnya alergi yang diderita karena terdapat penyebab alergi di sekitar allegran.

1. Rasa Gatal Dermatologi

Banyak sekali bentuk gatal gatal dermatologi yang bisa kita temui sehari-hari di berbagai kalangan masyarakat, di antaranya:

a. Kurap
Penyakit kurap disebabkan oleh jamur. Jenis penyakit kulit yang satu ini biasanya ditandai dengan penebalan pada kulit yang kemudian menimbulkan lingkaran-lingkaran yang terasa sangat gatal. Beberapa bagian kulit tubuh yang sering terkena kurap di antaranya kulit leher dan tengkuk.
Disebabkan penyebab utamanya adalah jamur, maka penyakit kulit kurap juga dapat menular melalui benda-benda yang sama yang dipakai penderita dan orang-orang di sekitarnya seperti handuk dan pakaian. Oleh karena itu sebaiknya tidak berbagi handuk atau pakaian dengan penderita kurap jika tidak ingin mengalami rasa gatal gatal yang sama.

b. Panu
Hampir sama dengan kurap, panu juga menimbulkan rasa gatal gatal yang bisa sangat mengganggu. Pun penyebabnya, baik kurap maupun panu berasal dari jamur yang hinggap di kulit. Adapun gejala yang ditimbulkan pada seseorang yang menderita penyakit panu di antaranya adalah timbulnya warna keputih-putihan pada kulit yang disertai rasa gatal yang sangat mengganggu. Sebagaimana kurap, panu pun dapat menular melalui pakaian atau handuk yang dipakai bersama.

c. Eksim
Berbeda dengan panu dan kurap, penyakit kulit eksim kerap kali menyerang bagian kulit tertentu hingga menjadikan kulit tersebut bersisik saking gatalnya. Karena kulit yang bersisik inilah bisa jadi selanjutnya kulit menjadi sangat kering dan pecah-pecah di samping rasa gatal luar biasa yang menyerang penderitanya.
Penyakit eksim juga mengaharuskan pengobatan yang lebih serius daripada penyakit kurap atau panu. Selain itu, kondisi cuaca dan makanan tertentu bisa menyebabkan kambuhnya penyakit eksim di saat-saat tertentu. Saat cuaca terlalu dingin, misalnya, atau ketika penderita eksim memakan pindang ikan, biasanya penyakit eksim gampang timbul atau kambuh kembali dan menimbulkan gatal gatal yang cenderung menyiksa.
Pertolongan pertama pada penderita penyakit eksim bisa dilakukan dengan merendam kulit yang terkena eksim dengan air hangat atau meminum obat anti biotik sebagai pembantu penghilang rasa gatal sementara.

2. Rasa Gatal karena Alergi
Rasa gatal yang ditimbulkan karena menderita alergi tentu saja dapat kambuh kapan saja jika alegran (penderita alergi) berinteraksi dengan penyebab alerginya, baik secara sengaja maupun tidak. Ada berbagai macam penyebab alergi yang menimbulkan gatal gatal pada kulit, mulai dari mulai cuaca dingin, makanan tertentu seperti udang, serbuk bunga, minyak dan bawang goreng, hingga bulu binatang tertentu.
Jika sudah terlanjur terserang alergi maka sebaiknya segera meminum obat anti alergi yang biasanya dimiliki oleh alegran. Namun bukan berarti rasa gatal akibat alergi ini tidak bisa disembukan karena sudah sangat banyak sekali kasus alergi yang sembuh total dengan pengobatan rutin dan serius kepada dokter.


Cara Mengatasi Gatal Gatal pada Kulit serta Obatnya


Gatal pada kulit meskipun sering kali tidak membahayakan namun tentu saja harus diobati karena akan menimbulkan perasaan tidak menyenangkan dan terganggunya aktifitas sehari-hari, apa lagi jika rasa gatal yang timbul tidak kunjung sembuh.
Berikut beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi rasa gatal agar tidak mudah menyerang kulit.

1. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Sudah sewajarnya jika kita senantiasa menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan untuk menajaga kesehatan dan kerapian. Gatal gatal yang seringkali timbul termasuk ke dalam sebuah penyakit pula, oleh karena itu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan masih menjadi faktor pengukur utama.
Untuk menjaga kebersihan tubuh, mandilah setidaknya dua kali dalam sehari, apa lagi setelah selesai melakukan kegiatan yang menimbulkan banyak keringat dan kegiatan yang mengakibatkan kulit menjadi kotor. Kegiatan mandi sebelum tidur yang biasa dilakukan oleh orang Jepang bisa kita tiru guna menjaga kebersihan tubuh setelah seharian beraktifitas. Namun tentu saja perhatikan suhu air dan cuaca saat kita akan melakukannya. Jika cuaca dingin dan memaksa mandi menjelang tidur dengan air dingin pula, bukannya rasa gatal yang hilang, bisa jadi malah penyakit flu yang datang.Jika sikecil gatal sebaiknya baca Ramuan Obat Gatal Tradisional untuk Kulit Balita dan Dewasa Paling Ampuh dan Mujarab

2. Menggunakan Bahan-Bahan Tradisional Penghilang Rasa Gatal

a. Jahe
Untuk mengobati rasa gatal yang ditimbulkan karena jamur, jahe bisa menjadi salah satu obat yang mujarab. Terutama untuk panu dan kurap, cobalah pengobatan gatal dengan jahe ini. Caranya mudah, hanya dengan memarut beberapa ruas jahe sebagaimana kebutuhan kemudian menempelkan hasil parutannya kepada kulit yang merasa gatal. Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe akan mengurangi rasa gatal dan tentu saja berfungsi sebagai antiseptik alami untuk kulit.

b. Perasan Air Lemon dan Minyak Kelapa
Sudah menjadi rahasia umum kalau lemon adalah salah satu antiseptik paling baik untuk kulit. Saking baiknya bahkan lemon adalah salah satu yang paling dianjurkan untuk mengatasi jerawat. Begitu pun untuk mengatasi rasa gatal, ternyata lemon merupakan salah satu yang paling ampuh.

Perasalah lemon segar kemudian campurkan dengan minyak kelapa yang masih segar pula. Oleskan campuran keduanya kepada bagian kulit yang terasa gatal lalu diamkan selama semalaman. Lakukan hal ini berkali-kali hingga rasa gatal berkurang. Hal ini efektif jika dilakukan secara rutin dan disiplin.

Demikianlah beberapa paparan tentang jenis-jenis gatal serta penyebabnya, hingga beberapa obat tradisional untuk mengobati gatal gatal dari obatgatal2.com. Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: